Cucak Rowo Papua

Cucak Rowo Papua

Jenis burung Cucak Rowo Papua atau beberapa orang menyebutnya dengan nama burung Cucak Rotan, merupakan salah satu spesies burung yang banyak digemari oleh para kicau mania.

Seperti namanya, burung ini berasal dari Papua dimana nama aslinya adalah Pitohui yang masuk ke dalam keluarga Oriolidae. Di alam liar, burung Cucak Rotan biasa hidup berkelompok di hutan sekitaran Papua dan dapat di temukan di semak-semak serta dapat ditemukan di pinggiran hutan dengan ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

Semua jenis burung Pitohui terkenal memiliki racun syaraf alkanoid yang terdapat di bagian kulit dan bulunya. Ini adalah sebuah pertahanan kimia yang dimiliki oleh burung Cucak Rotan yang sangat efektif dalam menghindari ektoparasit dan serangan predator.

Mengenal Burung Cucak Rowo Papua (Cucak Rotan)

Cucak Rowo Papua
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Meski tergolong ke dalam jenis burung yang menyeramkan, namun racun yang dimilikinya ini malah justru menjadikan nilai plus sehingga banyak digandrungi oleh para kicau mania.

Namun jika kita ingin memeliharanya, maka kita jangan sekali-kali melakukan kontak langsung dengan burung Cucak Rotan ini karena racun yang ada pada bagian tubuh Cucak Rotan dapat menyebabkan efek buruk, seperti rasa panas, peradangan kulit, mati rasa, kesemutan, bahkan lebih parahnya dapat mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian!

Jenis Burung Cucak Rowo Papua

Cucak Rowo Papua
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Cucak Rotan memiliki 3 jenis yang paling populer dan banyak dipelihara oleh para pecinta burung. 3 jenis burung Cucak Rotan yang dimaksud adalah:

  • Pitohui Selatan atau Southem Variable Pitohui (Pitohui Uropygialis)
  • Pitohui Raja Ampat atau Raja Ampat PITOHUI (Pitohui Cerviniventris)
  • Pitohui Belang atau Variable Pitohui (Pitohui Kirthocepalus)

Makanan Burung Cucak Rowo Papua

Untuk makanannya sendiri sama seperti halnya jenis burung cucak lainnya, seperti burung Cucak Ijo Kalimantan atau burung Cucak Jenggot yang gemar memakan buah-buahan kecil.

Selain itu, Cucak Rotan juga dapat di beri pakan beberapa jenis serangga, seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, dan belalang.

Suara Kicauan Burung Cucak Rowo Papua

Adapun untuk suara kicauannya sendiri memiliki beberapa variasi suara seperti suara campuran siulan dengan cegukan keras yang berirama. Sepintas kicauannya ini mirip seperti suara kicauan burung Kepudang dan Samyong. Bedanya adalah suara burung Cucak Rotan selalu diselingi dengan teriakan kasar yang terdengar mirip seperti suara kucing.

Harga Burung Cucak Rowo Papua

Cucak Rowo Papua
Sumber Gambar: apollo-singapore.akamaized.net

Sama seperti halnya jenis burung kicau yang lainnya, burung yang berasal dari Papua ini memiliki harga yang bervariasi mulai dari harga bakalan hingga harga gacoran/juara.

Beberapa faktor yang membuat harganya bervariasi adalah dilihat dari jenis, prestasi, daerah asal, usia, serta kondisi fisik dari burung itu sendiri.

Untuk harga burung Cucak Rotan sendiri berada di kisaran Rp. 800.000 untuk yang bakalan, sedangkan untuk yang anakan ada yang menjualnya dengan harga Rp. 2.500.000.

Nah, itulah sekilas mengenai burung Cucak Rowo Papua. Meskipun menjadi salah satu jenis burung yang menjadi primadona, namun lebih baik untuk berfikir terlebih dahulu jika kita ingin memeliharanya mengingat jenis burung ini mengandung racun yang sangat berbahaya bagi manusia.