Cucak Ijo Kalimantan

Cucak Ijo Kalimantan

Salah satu jenis burung kicau yang selalu diikutsertakan ke dalam lomba kontes burung adalah jenis burung Cucak Ijo Kalimantan. Sebenarnya burung Cucak Ijo yang berasal dari Pulau Borneo ini masih kalah populer jika dibandingkan dengan Cucak Ijo yang berasal dari Banyuwangi.

Jenis burung Cucak-Cucakan memang terbilang cukup banyak, seperti misalnya burung Cucak Jenggot, Cucakrowo, Cucak Ijo atau jenis burung Cucak lainnya.

Nah, jika kalian sedang mencari referensi tentang burung Cucak Ijo Kalimantan, maka kalian tepat berada di sini karena kami akan membahas mengenai burung Cucak Ijo Kalimantan.

Ciri-Ciri Burung Cucak Ijo Kalimantan

Cucak Ijo Kalimantan
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Jika dilihat secara sekilas, baik itu Cucak Hijau Kalimantan, Cucak Hijau Banyuwangi atau Cucak Hijau lainnya tentu akan sangat sulit untuk membedakannya. Terlebih lagi jika kalian masih pemula di dalam dunia kicau mania.

Namun sebenarnya, perbedaannya ini dapat dilihat dari postur tubuh, warna tubuh, bentuk ekor, dan suara kicauan yang dikeluarkan.

Burung Cucak Hijau Kalimantan memiliki postur tubuh yang terlihat lebih kecil daripada Cucak Hijau yang berasal dari Banyuwangi. Sedangkan warna tubuhnya terlihat lebih dominan berwarna hijau segar dan cenderung sedikit kekuningan.

Selain itu, ia juga memiliki ekor yang lebih pendek jika dibandingkan dengan Cucak Hijau yang berasal dari daerah lain. Ketika diraba, kalian akan merasakan bahwa ekor Cucak Hijau Kalimantan terasa lebih lentur dan terdapat sedikit warna biru serta terlihat lebih melengkung.

Ciri-ciri seperti ini juga dapat dilihat ketika burung dalam kondisi ngerol. Ngerol adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh Cucak Hijau ketika sedang berkicau secara terus-menerus. Ketika sedang ngerol, kalian akan mendapati jambul burung Cucak Hijau Kalimantan yang tidak terlalu njegrik/berdiri.

Keistimewaan Burung Cucak Ijo Kalimantan

Cucak Ijo Kalimantan
Sumber Gambar: abahtani.com

Keistimewaan yang dimiliki oleh Cucak Hijau Kalimantan jika dilihat dari suara kicauannya adalah ia memiliki suara kicauan yang cukup varitaif. Hal ini yang menjadikannya banyak diburu oleh para kicau mania.

Meskipun suara kicauannya terdengar tidak terlalu lantang, namun Cucak Hijau Kalimantan sangat ahli dalam menirukan suara burung lainnya.

Bagi kalian yang ingin membeli jenis burung Cucak Hijau dengan harga yang terjangkau, maka dengan memilih Cucak Hijau kalimantan merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena burung Cucak Hijau Kalimantan memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Cucak Hijau Banyuwangi.

Agar tidak salah memilih ketika ingin membelinya, maka kalian harus bisa mengetahui bagaimana cara membedakan Cucak Ijo jantan dan betina. Karena burung yang berjenis kelamin jantan memiliki kemampuan berkicau yang lebih variatif daripada betina yang terdengar monoton.

Setelah mendapatkan Cucak Ijo jantan, maka kalian dapat segera melatih burung ini agar semakin cepat gacor dan ngetrok. Burung Cucak Hijau Kalimantan juga memiliki mental juara sehingga sangat cocok jika kalian ingin mengikutsertakannya ke dalam lomba kontes burung.

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi

Cucak Ijo Kalimantan
Sumber Gambar: fokussatu.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, baik itu Cucak Hijau Kalimantan atau Banyuwangi tentunya memiliki perbedaan kualitas dan harga. Nah agar kalian tidak salah ketika ingin membelinya di pasar, maka kalian wajib mengetahui perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis burung tersebut.

Berikut ini merupakan tips mudah cara membedakan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi berdasarkan ciri fisiknya.

Postur Tubuh

Cara pertama untuk dapat membedakan darimana asal burung Cucak Ijo adalah dengan mengamati bentuk atau postur tubuhnya. Pada umunya, Cucak Ijo Banyuwangi memiliki postur tubuh yang lebih panjang serta terlihat agak lentur sehingga nampak sedikit melengkung.

Sedangkan burung Cucak Hijau Kalimantan postur tubuhnya sedikit lebih pendek dan tidak melengkung.

Warna

Dengan melihat warna bulu burung Cucak Ijo juga dapat menjadi patokan untuk mengetahui darimana ia berasal. Cucak Ijo Banyuwangi memiliki bulu berwarna hijau tua. Berbeda dengan Cucak Hijau Kalimantan dimana warna bulunya cenderung lebih pucat serta memiliki warna hijau kekuning-kuningan.

Bentuk Ekor

Bentuk ekor burung Cucak Ijo Banyuwangi terlihat lebih panjang, lentur, dan terlihat melengkung. Sementara Cucak Hijau Kalimantan ekornya lebih pendek, kaku,dan tidak melengkung.

Perbedaan Ketika Sedang Ngerol

Pada saat burung Cucak Hijau ngerol, maka umumnya Cucak Hijau Banyuwangi akan menjenggirkan bagian jambulnya sehingga terlihat lebih atraktif. Sedangkan Cucak Hijau Kalimantan tidak aktraktif baik ketika dalam keadaan ngerol atau tidak.

Perbedaan Suara Kicauan

Kualitas suara antara Cucak Hijau Kalimantan dan Banyuwangi pun jelas berbeda. Burung Cucak Hijau Banyuwangi memiliki suara kicauan yang lebih variatif, panjang, dan atraktif, terutama ketika sedang di adu. Sementara pada Cucak Hijau Kalimantan suara kicauannya cenderung lebih pendek dan terdengar monoton.

Namun hal ini juga dapat dilihat dari karakter dasar dari burung Cucak Ijo itu sendiri. Umumnya Cucak Ijo Banyuwangi jika dirawat hanya untuk dijadikan sebagai burung peliharaan, maksudnya adalah tidak di adu/dilombakan, maka suara kicauannya terdengar kurang tajam dan kurang bervariasi.

Akan tetapi, secara keseluruhan baik itu Cucak Ijo Banyuwangi atau Kalimantan sama-sama memiliki kualitas yang bagus. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai burung Cucak Ijo Kalimantan. Salam kicau mania!