Cara Merawat Burung Cendet

Cara Merawat Burung Cendet

Cara Merawat Burung Cendet – Burung Cendet atau beberapa orang menyebutnya burung Pentet merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di kalangan para kicau mania di Indonesia. Di alam liar, burung yang termasuk ke dalam jenis burung predator ini memiliki suara kicauan yang sangat unik serta memiliki kebiasaan yang menarik.

Jenis burung Pentet ini memiliki suara kicauan yang berkualitas tinggi namun jika kita dapat merawatnya dengan baik. Seperti halnya burung Branjangan Jawa, burung Pentet juga sering dijadikan sebagai burung master.

Selain dijadikan sebagai burung master, belakangan ini juga sudah banyak lomba kontes burung yang khusus diperuntukkan untuk jenis burung Pentet ini.

Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Cendet
Sumber Gambar: i0.wp.com/hobiburung.org

Selain dijadikan sebagai burung kontes atau untuk memaster jenis burung kicau lainnya, salah satu alasan merawat burung Cendet adalah hanya untuk dijadikan sebagai burung peliharaan.

Akan tetapi jika burung Cendet yang kita pelihara tidak mau berkicau, maka ini malah dapat membuang-buang waktu kita saja. Ya kan?

Nah, agar burung Cendet yang kita pelihara cepat berkicau dengan gacor, maka kita perlu mengetahui cara merawat burung Cendet yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara merawat burung Cendet agar cepat gacor.

Mengetahui Jenis Kelamin Cendet

Cara Merawat Burung Cendet
Sumber Gambar: arenahewan.com

Cara awal dalam merawat burung Cendet agar cepat gacor adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis kelamin burung Cendet. Seperti halnya jenis burung Opior Jawa, burung Cendet yang dapat berkicau dengan berbagai variasi suara serta dapat dimaster adalah yang berjenis kelamin jantan.

Sebenarnya burung Cendet yang berjenis kelamin betina juga dapat dimasteri suara burung lain, namun hasilnya kurang bagus tidak seperti yang berjenis kelamin jantan.

Dengan telah mengetahui jenis kelamin burung Cendet, maka akan dapat memudahkan kita untuk memilih burung Cendet mana yang baik dan cocok untuk dijadikan sebagai burung kontes atau burung peliharaan.

Burung Cendet jantan memiliki ciri khas dimana warna bulu di tubuhnya terlihat lebih hitam dan pekat serta memiliki sifat yang cukup agresif.

Memperhatikan Kebersihan Kandang

Dalam memelihara burung jenis apapun, kita wajib memperhatikan kebersihan kandang/sangkar. Kondisi kandang yang bersih dan terawat tentunya juga dapat mempengaruhi kondisi burung Cendet yang kita pelihara sehingga dapat cepat berkicau dengan gacor.

Selain itu, kandang yang bersih juga dapat membuat burung Cendet tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Maka dari itu, bersihkan kandang secara rutin setiap hari.

Memberikan Pakan yang Berprotein Tinggi

Cara Merawat Burung Cendet
Sumber Gambar: www.burunghobi.com

Agar burung Cendet yang kita pelihara dapat rajin berkicau, maka kita perlu memberikan pakan yang banyak mengandung protein tinggi. Makanan yang berprotein tinggi ini berguna bagi burung Cendet agar kondisi tubuhnya selalu dalam kondisi sehat dan fit.

Berikan pakan berprotein tinggi secara teratur. Hindari memberikan pakan sembarangan pada burung Cendet. Selain memberikan pakan berprotein tinggi, memberikan vitamin tambahan juga baik untuk membantu agar burung Cendet dapat cepat gacor.

Adapun beberapa jenis makanan yang cocok untuk burung Cendet adalah serangga, buah, dan pakan racikan sendiri. Jika telah dipelihara lama, Cendet juga dapat diberi makanan berupa voer yang dapat di beli di kios burung.

Namun jika ingin memberikan pakan racikan, maka kita perlu membuatnya sendiri dengan bahan-bahan seperti telur, ikan, tahu dan berbagai sayuran seperti tomat dan jagung. Sedangkan beberapa jenis buah yang baik untuk burung Cendet adalah pisang, pepaya, dan juga apel.

Menjemur Burung Cendet

Cara Merawat Burung Cendet
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Sama seperti halnya jenis burung Lovebird, menjemur burung Cendet yang kita pelihara juga diperlukan. Waktu yang baik untuk menjemur burung Cendet adalah dimulai pukul 7-9 pagi atau tergantung dari kondisi cuaca.

Sebelum menjemurnya, memandikan burung Cendet juga diperlukan agar ia terlihat lebih bersih serta daya tahan tubuhnya lebih kebal terhadap penyakit.

Melatih dan Memaster Burung Cendet

Salah satu cara agar burung Cendet yang kita pelihara dapat cepat berkicau dengan gacor serta mampu menirukan suara burung lainnya adalah dengan cara melatih dan juga memaster burung Cendet.

Waktu terbaik untuk memaster burung Cendet adalah pada saat burung Cendet mengalami fase mabung atau tumbuh bulu. Namun bukan berarti ketika burung tidak dalam kondisi mabung kita tidak dapat memasternya.

Kita dapat memaster burung Cendet meskipun kondisi burung tidak dalam fase mabung. Lakukan pemasteran setiap hari dengan kondisi kandang di kerodong. Lakukan pemasteran pada siang hari atau malam hari menjelang tidur.

Untuk memasternya sendiri dapat menggunakan burung asli, misalnya jenis burung Lovebird, jenis burung Kenari atau jenis burung lainnya. Namun jika kita tidak memiliki burung asli, maka dapat memanfaatkan suara mp3.

Adapun waktu untuk memaster burung Cendet dalam satu jenis suara burung adalah sekitar satu minggu. Setelah itu, kita perlu mengganti suara burung master dengan suara burung lainnya agar nantinya ia dapat merekam berbagai suara jenis burung.

Melakukan Pengasinan

Jika burung Cendet yang kita pelihara tiba-tiba macet bunyi, maka segera melakukan tindakan pengasinan. Jauhkan burung Cendet dari jenis burung lainnya, terutama dengan sesama jenis burung Cendet.

Pada umumnya, ketika burung Cendet yang tadinya berkicau lantas tiba-tiba macet bunyi, biasanya ia merasa tersaingi dengan suara burung lainnya. Maka dengan mengasingkan burung Cendet merupakan pilihan terbaik untuk menambah dan mengembalikan kepercayaan dirinya.

Lakukan pengasinan sampai burung Cendet dapat kembali berkicau. Nah jika ia sudah mau untuk berkicau kembali, maka kita dapat kembali menyatukan burung Cendet dengan jenis burung lainnya.

Memberikan Pakan Tambahan

Cara terakhir untuk merawat burung Cendet adalah dengan memberikan pakan tambahan seperti sayur-sayuran serta memberikan jamu untuk menambah energi dan juga stamina burung Cendet.

Dengan kita memberikan makanan tambahan ini bertujuan untuk membantu memudahkan pertumbuhan burung Cendet. Kita dapat memberikan pakan tambahan setelah kita memberikan makanan pokok.

Sedangkan untuk manfaat jamu adalah agar burung Cendet menjadi lebih aktif dan bertenaga. Akan tetapi dalam memberikan jamu sebaiknya tidak dilakukan setiap hari melainkan cukup memberikannya dalam waktu tertentu saja, misalnya cukup seminggu sekali.

Tips cara merawat burung Cendet tersebut juga dapat dilakukan bukan hanya pada Cendet dewasa saja melainkan juga dapat diterapkan pada Cendet yang masih berusia muda.

Lakukanlah cara-cara tersebut diatas dengan telaten setiap hari agar burung Cendet yang kita pelihara dapat cepat berikcau dengan gacor. Itulah tips mudah cara merawat burung Cendet supaya cepat gacor. Semoga bermanfaat.