Cara Membuat Martabak Manis

Cara Membuat Martabak Manis

Cara Membuat Martabak Manis – Martabak manis adalah salah satu makanan ringan yang cukup populer dan banyak digemari oleh masyarakat, salah satu martabak manis yang paling terkenal adalah martabak Bangka sebagai satu makanan khas Bangka Belitung.

Meskipun terlihat sederhana, namun faktanya martabak manis begitu digandrungi oleh semua kalangan sehingga kita dapat dengan mudah menjumpai penjual martabak manis di berbagai sudut kota di negeri kita ini.

Sebenarnya martabak manis merupakan salah satu kue basah yang dapat dengan mudah dibuat di rumah. Hal ini karena di dalam cara membuatnya tidak memerlukan peralatan dan bahan khusus sehingga dapat dibuat oleh siapa saja.

5 Cara Membuat Martabak Manis yang Enak dan Lembut

Dalam membuat martabak manis, selain mudah juga tidak memerlukan biaya yang cukup banyak, hal ini karena bahan dalam pembuatannya dapat dengan mudah didapatkan.

Nah bagi kita yang ingin berkreasi untuk membuat martabak manis dirumah, berikut adalah 5 cara mudah membuat martabak manis yang dapat yang enak dan lembut.

1. Martabak Manis Original

Cara Membuat Martabak Manis
eventkampus.com

Bahan-bahan:

– 1 butir telur ayam
– 2 sendok makan susu bubuk vanila/plain
– 3 sendok makan gula pasir
– 4 sendok makan margarin
– 1/2 sendok teh baking powder
– 1/4 sendok teh ragi instan (fermipan)
– 125 gram tepung terigu protein sedang
– Susu kental manis secukupnya
– 180 ml air matang

Cara membuat:

– Campurkan tepung terigu, 2 sendok makan gula pasir, baking powder, susu bubuk, ragi, dan air, aduk adonan hingga tercampur dengan sempurna dan tidak ada yang menggumpal.

– Perlu diingat, jika kita menggunakan baking powder double acting (BPDA), maka diamkan adonan selama 30 menit, namun jika menggunakan baking powder single-acting, maka cukup diamkan sekitar 5-10 menit saja.

– Sambil menunggu adonan yang di diamkan, letakkan 3 sendok makan margarin pada loyang teflon, biarkan hingga margarin meleleh.

– Setelah itu kocok telur ayam hingga tidak ada bagian putih yang terlihat masih menggumpal.

– Tambahkan juga margarin cair ke dalam adonan tepung yang sudah didiamkan tadi kemudian masukkan telur yang sudah dikocok.

– Langkah selanjutnya adalah panaskan teflon menggunakan api kecil, setelah itu tuang adonan hingga memenuhi setengah bagian teflon. Jangan lupa untuk menggoyang-goyangkan teflon supaya adonan menempel pada permukaan loyang hingga membentuk pinggiran.

– Tunggu hingga pinggiran martabak kering dan pada bagian tengah martabak mengeluarkan gelembung atau lobang-lobang kecil. Taburkan 1 sentok gula pasir di atas permukaannya.

– Tutup loyang teflon lalu diamkan sekitar 5 menit baru kemudian angkat martabak dari teflon/kompor.

– Pada saat masih panas, olesi martabak dengan 1 sendok makan margarin, tuang susu kental manis dan beri topping sesuai selera. Lipat dan potong kecil-kecil martabak.

– Martabak manis original siap disajikan.

2. Martabak Manis Bangka

Cara Membuat Martabak Manis
tukangreview.com

Bahan-bahan:

– 27 gram susu bubuk
– 200 gram gula pasir
– 125 gram tepung terigu cakra kembar
– 375 tepung terigu segitiga biru
– 1 butir telur
– 1/4 sdt vanili bubuk
– 1,5 sdt soda kue
– 500 ml air

Cara membuat:

– Campurkan tepung terigu segitiga biru dan cakra kembar, susu bubuk dan juga vanili. Tuangkan air kemudian kocok adonan menggunakan spiral whisk sampai merata.

– Langkah selanjutnya adalah masukkan gula pasir lalu keplok-keplok sampai larut. Beri 1 butir telur, aduk hingga adonan licin.

– Diamkan adonan sekitar 1 jam. Setelah itu bagi adonan menjadi 3 bagian untuk 3 kali cetak dengan ukuran masing-masing 350 ml per adonan.

– Panaskan teflon menggunakan api kecil. Pada satu bagian adonan, beri tambahan 1 butir telur, keplok-keplok hingga merata.

– Beri tambahan 1/2 sdt soda kue, 1 sendok gula pasir, 1 sendok air, aduk hingga adonan licin/siap cetak.

– Tuangkan adonan ke dalam teflon yang sudah dipanasi. Tunggulah sampai terlihat berserat, setelah itu taburi gula pasir pada permukaannya hingga merata, tutup kembali sampai matang.

– Setelah matang, angkat martabak lalu olesi permukannya dengan mentega. Berikan topping sesuai selera, misalnya coklat, keju, susu kental manis dan lainnya.

– Terakhir adalah gulung martabak selagi masih panas lalu olesi permukaan luarnya menggunakan mentega, iris kecil-kecil.

– Sajikan martabak manis Bangka selagi masih hangat.

3. Martabak Pelangi Lenggang

Cara Membuat Martabak Manis
i.ytimg.com

Bahan-bahan:

– 1 butir telur ayam
– 2 sdm gula pasir
– 250 gram terigu serbaguna
– 1/2 ragi instan
– 500 ml susu UHT
– Pewarna makanan
– Garam secukupnya

Bahan vla:

– 1 kuning telur
– 25 gram gula pasir
– 25 gram tepung custard
– 1/2 sdm butter
– 1/2 sdt vanilla pasta
– 250 ml UHT

Cara membuat:

– Langkah pertama adalah campur semua bahan martabak kecuali garam, aduk hingga merata, tutup menggunakan plastik wrap, diamkan adonan sekitar 1 jam.

– Sambil menunggu adonan martabak, buat adonan vla dengan cara larutkan tepung custard dengan sisa susu dan gula sembari dipanaskan.

– Setelah panas, ambil sebagian larutan tersebut kemudian campur dengan kuning telur, aduk hingga merata.

– Masukkan kembali ke larutan susunya, masak hingga meletup, matikan kompor.

– Beri tambahan vanila pasta dan butter, aduk hingga rata dan halus, sisihkan.

– Setelah sekitar 1 jam, tambahkan sedikit garam ke dalam adonan, aduk hingga merata. Bagi adonan sesuai dengan warna yang diinginkan. Berikan warna-warni pada setiap adonan agar terlihat seperti pelangi.

– Panaskan wajan anti lengket/teflon, beri sedikit butter kemudian tuang 1 sendok sayur adonan martabak, lakukanlah sampai adonan habis.

– Isi dengan vla yang telah dibuat atau dapat diganti dengan selai (sesuai selera). Lipat kemudian rekatkan kedua ujungnya hingga membuat lingkaran kecil atau dibuat menjadi setengah lingkaran yang terlihat mirip seperti pastel.

Baca Juga : 10 Daftar Makanan Terenak di Dunia

4. Martabak Manis Oreo

Cara Membuat Martabak Manis
food.grab.com

Bahan-bahan:

– 1 butir telur ayam
– 1 bungkus oreo
– 1/4 sdt baking powder
– 100 ml susu UHT full cream

Topping:

– 3 sdm margarin
– Keju parut

Cara membuat:

– Blender semua bahan martabak hingga halus, diamkan selama 15 menit hingga adonan mengembang.

– Olesi teflon menggunakan margarin agar tidak lengket. Tuang adonan martabak ke dalam teflon, tutup teflon kemudian masak menggunakan api kecil agar tidak gosong.

– Untuk mengetahui apakah adonan telah matang adalah dengan menusuk adonan. Cara lainnya adalah dengan melihat permukannya , jika permukaan martabak terlihat berlubang/bergelembung, itu tandanya martabak telah matang.

– Jika telah matang, angkat adonan lalu olesi bagian permukaannya dengan margarin, beri taburan keju parut.

– Potong martabak menjadi dua bagian, tumpuk/lipat menjadi setengah lingkaran. Oles kembali bagian atas martabak menggunakan margarin lalu potong sesuai selera.

5. Martabak Red Velvet

Cara Membuat Martabak Manis
thegorbalsla.com

Bahan-bahan:

– 1 butir telur ayam
– 20 gram margarin (cairkan)
– 35 gram gula pasir
– 75 gram terigu segitiga
– 5 sdm keju parut
– 7 sdm susu cair
– 1/2 sdt soda kue
– 1/2 baking powder
– 6 oreo cincang
– 10 tetes pewarna merah cabai

Cara membuat:

– Kocok telur, baking powder, gula pasir hingga terlihat larut. Untuk mengocoknya dapat menggunakan garpu.

– Selanjutnya adalah masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk terus lalu masukkan susu cair.

– Tambahkan margarin dan pewarna ke dalam adonan, aduk sampai merata kemudian tutup, diamkan selama 30 menit.

– Panaskan teflon menggunakan api kecil hingga benar-benar panas.

– Setelah adonan didiamkan selama 30 menit, tambahkan juga soda kue ke dalam adonan tersebut, aduk hingga merata kemudian tuangkan semua adonan pada teflon. Masak hingga terlihat lubang-lubang kecil pada permukaannya. Tutup lalu masak hingga matang.

– Jika martabak telah matang, angkat lalu olesi menggunakan keju yang telah dilelehkan menjadi cream cheese. Taburi dengan oreo cincang, belah martabak menjadi 2 tumpuk menyerupai setengah lingkaran. Terakhir olesi bagian luar martabak dengan margarin.

Bagaimana, mudah bukan dalam cara membuat martabak manis yang empuk dan lembut? Selain mudah, dalam membuat kue basah ini juga tidak memerlukan bahan-bahan khusus sehingga kita dapat dengan mudah mendapatkannya di toko-toko terdekat. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan