Makanan Terenak di Dunia

Makanan Terenak di Dunia

Makanan Terenak di Dunia – Setiap negara di dunia tentu memiliki keberagaman budaya yang berbeda-beda dengan ciri atau karakteristiknya masing-masing. Sebut saja negara kita yang memiliki berbagai keragaman budaya Indonesia.

Begitu pun dengan jenis makanan di suatu negara, dimana setiap negara pasti mempunyai cita rasa khasnya tersendiri yang berbeda-beda antara satu negara dengan negara lainnya. Beberapa makanan khas dari suatu negara ini berhasil mendunia karena memiliki rasa yang sangat lezat.

Sebenarnya fungsi utama makanan adalah untuk mengenyangkan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, namun saat ini masyarakat mencari makanan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya saja melainkan juga mencari makanan yang benar-benar memiliki rasa yang lezat.

10 Makanan Terenak di Dunia yang Wajib Dicoba

Setiap negara di dunia mengklaim bahwa makanan khas yang berasal dari negaranya merupakan kuliner yang berhak dimasukkan ke dalam kategori terenak di dunia.

Ini merupakan hal yang wajar-wajar saja karena makanan tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan suatu daerah bahkan kita seringkali mengingat suatu negara akibat mempunyai makanan khasnya yang sangat terkenal.

Di tiap-tiap negara, tentunya mempunyai makanan andalan yang menjadi kebanggaan. Nah jika kita belum mengetahui kuliner apa sajakah yang pantas dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia, berikut adalah 10 makanan terenak di dunia yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rendang, Indonesia

Makanan Terenak di Dunia
sifu.unileversolutions.com

Kuliner pertama yang masuk ke dalam daftar sebagai salah satu makanan terlezat di dunia adalah rendang. Rendang merupakan makanan khas Minangkabau, Indonesia.

Minangkabau merupakan salah satu suku asli Indonesia yang berasal dari pulau Sumatra. Bumbu rempah-rempah yang meresap ke dalam dagingnya ini yang membuat makanan yang diberi nama rendang menjadi sangat terkenal karena kelezatannya.

Meresapnya bumbu-bumbu hingga ke dalam dagingnya ini didapat dari cara memasaknya yang memakan waktu berjam-jam. Sehingga tak heran jika rendang menjadi favorit banyak orang bukan hanya orang Indonesia saja namun juga menjadi favorit bagi warga asing.

2. Nasi Goreng, Indonesia

Makanan Terenak di Dunia
sifu.unileversolutions.com

Negara kita ini memang terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki beragam olahan makanan khas yang mempunyai rasa sangat nikmat. Selain rendang, nasi goreng juga dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.

Nasi goreng faktanya memang memiliki rasa yang gurih dan sangat lezat, apalagi jika diberi tambahan telor dan daging. Maka bukanlah hal yang berlebihan jika beberapa media lokal dan asing mengkategorikan nasi goreng sebagai salah satu kuliner terenak di dunia.

3. Tom Yam Goong, Thailand

Makanan Terenak di Dunia
wikimedia.org

Selain Indonesia, negara tetangga juga mempunyai kuliner khas yang juga sangat nikmat dan masuk ke dalam daftar makanan terenak se antero jagad. Ya negara yang dimaksud adalah Thailand.

Thailand memiliki beberapa kuliner khas yang sangat tersohor hingga ke luar negeri, salah satunya adalah tom yam goong. Tom yam goong terkenal nikmat karena dibuat menggunakan berbagai olahan seafood seperti udang, ikan, dan kepiting.

Sementara itu, tom yam goong juga mempunyai kuah yang sangat kental dengan rasa yang pedas dan gurih.

4. Dim Sum, Hong Kong

Makanan Terenak di Dunia
www.woke.id

Hong Kong juga memiliki makanan khas yang sangat lezat, yaitu dim sum. Di tempat asalnya, dim sum dijual di berbagai restoran besar yang terdapat di hotel dan juga dapat dengan mudah dijumpai di kedai makanan di pinggir jalan.

Dim sum ini berbentuk kotak-kotak dan biasanya dinikmati dengan menggunakan sumpit. Agar lebih sempurna, biasanya dim sum dinikmati bersama bubur beras yang gurih dan nikmat.

5. Sushi, Jepang

Makanan terenak di Dunia
files.sirclocdn.xyz

Selanjutnya adalah sushi. Makanan khas ini berasal dari negara matahari terbit, Jepang. Kita pasti sepakat bahwa sushi menjadi salah satu makanan khas yang sangat terkenal di dunia. Saking terkenalnya makanan khas ini, bahkan kita dapat dengan mudah menjumpainya di Indonesia.

Meski menggunakan daging mentah, namun sushi mempunyai rasa yang sangat nikmat serta memiliki tampilan yang cukup cantik sehingga terlihat sangat menggugah selera.

Saat ini sudah banyak ragam varian sushi, seperti sushi daging ayam, daging sapi, telur, atau crabstick. Agar makin sempurna di dalam menikmati sushi, maka kita dapat menambahkan wasabi dan manisan jahe.

6. Kebab, Turki

Makanan Terenak di Dunia
www.makanabis.com

Kebab menjadi kuliner selanjutnya yang masuk ke dalam daftar deretan makanan terlezat di dunia. Makanan khas yang berasal dari Turki ini memiliki banyak varian, seperti iskender, doner, shish kebab, cho shis dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak varian rasa ini, sish kebab menjadi yang paling terkenal karena dagingnya diolah dengan cara dipanggang secara perlahan. Pada umumnya, kebab dinikmati bersama roti khas Turki dengan diberi berbagai isian seperti saus, sayuran, dan irisan daging.

7. Hamburger, Jerman

Makanan Terenak di Dunia
wikimedia.org

Olahan makanan berupa kue ini merupakan satu dari sekian banyak kuliner khas Jerman yang sangat terkenal di dunia karena kelezatannya.

Hamburger merupakan kue berbentuk bulat yang diiris menjadi dua dimana pada bagian tengahnya diberi isian daging, berbagai sayur-sayuran dan bawang bombay. Meski terlihat sederhana, namun hamburger dinobatkan sebagai salah satu kuliner terenak di dunia.

Saking populernya makanan yang berasal dari Jerman ini, maka kita dapat menemukannya di berbagai belahan dunia, tanpa terkecuali di negara kita ini, Indonesia.

Baca Juga : Oleh-oleh Khas Pekanbaru

8. Lasagna, Italia

Makanan Terenak di Dunia
www.simplyrecipes.com

Italia terkenal sebagai negara yang sejak dahulu kala memiliki berbagai makanan khas yang memiliki cita rasa sangat lezat, seperti misalnya pasta dan pizza.

Nah salah satu jenis pasta yang cukup populer di dunia adalah lasagna. Kuliner pasta ini berlapis saus tomat dan daging cincang yang dipanggang hingga menciptakan rasa yang beragam dan sangat nikmat.

9. Peking Duck, China

Makanan Terenak di Dunia
foodsguy.com

China merupakan salah satu negara maju di Asia yang memiliki beragam olahan makanan yang cukup terkenal karena kelezatannya hingga ke seluruh penjuru dunia.

Dari sekian banyak kuliner khas negeri tirai bambu ini terdapat salah satu makanan khas yang cukup terkenal, yaitu peking duck atau bebek peking. Seperti namanya, makanan khas ini terbuat dari bebek yang dimasak dengan cara dipanggang menggunakan api kecil.

Daging bebek yang telah dipanggang ini nantinya akan dipotong kecil-kecil hingga kemudian dapat dinikmati dengan menggunakan saus asin yang khas.

10. Croissant, Prancis

Makanan Terenak di Dunia
www.zojirushi.com

Croissant adalah kuliner khas Prancis yang cukup populer di Prancis dan dunia. Makanan ini masih sejenis dengan kue kering yang terbuat dari tepung dan ragi berlapis. Kue kering ini dilapisi dengan mentega yang digulung hingga beberapa kali lipat dan kemudian menjadi lembaran.

Karena menjadi salah satu kuliner terenak di dunia, maka saat ini croissant memiliki banyak rasa seperti coklat, daging, dan lainnya.

Selain 10 kuliner terenak di dunia tersebut, sebenarnya masih terdapat ratusan kuliner khas lainnya yang berasal dari berbagai negara yang tergolong ke dalam kuliner terenak di dunia.

Sebagai bangsa Indonesia, kita wajib bangga karena terdapat dua makanan khas yang berasal dari Indonesia yang masuk ke dalam daftar 10 makanan terenak di dunia yang diambil dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan