Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut

Sebagai negara maritim dan kepulauan membuat Indonesia memiliki banyak jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.

Indonesia sendiri memiliki wilayah laut yang sangat luas yang mana telah diakui secara internasional sebagai negara maritim yang ditetapkan oleh UNCLOS (1982).

Hal inilah yang menjadikan masyarakat di Indonesia diberi kebebasan untuk memanfaatkan potensi sumber daya laut yang ada.

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut di Indonesia

Dengan cakupan wilayah yang begitu besar dan luas membuat laut Indonesia memiliki keanekaragaman sumber daya alam laut yang sangat potensial baik itu keragaman hayati ataupun non-hayati.

Beberapa sumber daya laut Indonesia antara lain ikan, wisata bahari, terumbu karang, bahan mineral, sumber energi minyak dan gas bumi serta media transportasi antar pulau juga tersedia yang di tandai dengan banyaknya pelabuhan di Indonesia.

Besarnya peluang ekonomi yang berasal dari pemanfaatan potensi sumber daya laut ini tentunya dapat memberikan kontribusi di dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat Indonesia.

Untuk lebih mengetahui pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan laut, di bawah ini adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.

Nelayan

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut
Sumber Gambar: assets.pikiran-rakyat.com

Nelayan merupakan seseorang yang mendapatkan penghasilan dari suatu pekerjaan yang mana pekerjaan ini berasal dari mencari dan juga menangkap ikan.

Adapun jenis perairan yang menjadi tempat para nelayan menangkap hasil tangkapannya adalah di air laut, air payau, dan air tawar.

Namun jenis nelayan yang paling banyak di Indonesia adalah mereka yang mencari ikan di air laut sehingga para nelayan pada umumnya tinggal di pesisir pantai.

Jenis Nelayan Berdasarkan Perairan

  • Nelayan Laut

Jenis nelayan pertama jika dilihat berdasarkan perairannya adalah jenis nelayan laut. Nelayan laut merupakan jenis nelayan yang menangkap ikan di perairan air laut.

Di Indonesia sendiri, jenis nelayan ini sangat banyak ditemukan dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Hal ini karena Indonesia memiliki lautan yang sangat luas. Lebih jelasnya, nelayan jenis ini adalah mereka yang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.

  • Nelayan Laut Lepas

Jenis nelayan laut lepas yaitu orang yang berprofesi sebagai nelayan yang menangkap ikan di lautan lepas atau High Seas.

  • Nelayan Pantai

Nelayan pantai adalah nelayan yang menangkap ikan di perairan laut teritorial. Maksud dari perairan laut teritorial adalah wilayah laut kedaulatan suatu negara.

  • Nelayan Lepas Pantai

Sementara itu, nelayan laut lepas pantai adalah jenis nelayan yang menangkap ikan pada perairan laut lepas pantai atau yang disingkat ZEE.

  • Nelayan Perairan Umum Pedalaman (PUD)

Seperti namanya, jenis nelayan ini menangkap ikan di area perairan umum pedalaman atau PUD.

Selain menangkap ikan di lautan lepas, para nelayan Indonesia juga menangkap ikan di danau, sungai, dan rawa.

Petani Rumput Laut

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut
Sumber Gambar: www.harianinhuaonline.com

Saat ini banyak para petani yang telah membudidayakan rumput laut. Kita dapat melihat dari begitu banyaknya pantai di Indonesia yang terdapat petani rumput laut.

Salah satu faktor penunjangnya adalah karena Indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang, yaitu mencapai 81.000 Km yang menjadikan peluang usaha budidaya rumput laut sangat menjanjikan.

Adapun tips atau cara budidaya rumput laut adalah dilakukan dengan mengikat bibit rumput laut pada tali-tali. Tali-tai ini sebelumnya telah dipatok secara berjajar di perairan laut yang dangkal dengan kedalaman antara 30-60 cm. Kemudian bibit rumput laut ditanam di dasar perairan.

Jenis olahan yang berbahan dasar rumput laut yang dijual di pasaran biasanya berupa Nori, Wakame, Kombu, agar-agar, manisan rumput laut, dan berbagai jenis olahan makanan lainnya.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Didalam rumput laut terkandung berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Sejak dari dulu rumput laut telah dikenal oleh bangsa Cina dan Jepang karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tanaman rumput laut faktanya mampu menjadi anti kanker bagi orang yang tidak atau belum memiliki riwayat penyakit kanker serta dapat juga mencegah terjadinya kanker.

Selain itu, rumput laut juga dapat menjadi antioksidan. Ini karena klorofil pada rumput laut yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Zat inilah yang dapat membantu tubuh agar tubuh bersih dan terhindar dari radikal bebas yang berbahaya.

Terdapat manfaat lainnya jika kita mengkonsumsi rumput laut, yaitu dapat mencegah kardiovaskular atau dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi serta baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menjalani program diet.

Hal ini karena rumput laut mengandung serat yang tinggi.

Baca Juga : Subsektor Industri Kreatif di Indonesia

Petani Garam

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut
Sumber Gambar: disk.mediaindonesia.com

Seperti namanya, petani garam adalah seseorang yang melakukan pekerjaan membuat garam. Petani garam adalah jenis pekerjaan yang juga memanfaatkan sumber daya laut.

Biasanya garam yang dihasilkan adalah garam yang berbentuk butiran-butiran kasar dan lembut, berwarna putih serta memiliki rasa yang sangat asin bercampur sedikit pahit.

Dalam memproduksi garam ini dihasilkan dari air laut yang memiliki kadar garam 5 sampai 8 permilnya yang kemudian air laut ini ditampung pada petak-petak yang dibuat oleh para petani garam.

Pengrajin Kerang

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut
Sumber Gambar: nurdian.com

Pengrajin kerang merupakan suatu pekerjaan yang juga memanfaatkan sumber daya laut, yaitu dengan memanfaatkan cangkang kerang laut untuk nantinya diproduksi menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Para pengrajin kerang biasanya mendapatkan cangkang kerang dengan memungut secara gratis di tepian pantai. Inilah yang membuat pengrajin kerang laut masih berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.

Beberapa kerajinan yang berbahan dasar cangkang kerang ini biasanya berupa kalung, gelang, kotak tisu, pigura, gantungan kunci, bunga, lampion, dan lain sebagainya.

Petani Budidaya Kerang Mutiara

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Petani budidaya kerang mutiara merupakan sebuah jenis pekerjaan yang dilakukan dengan cara membudidayakan kerang yang mana kerang ini nantinya akan menghasilkan mutiara.

Seperti yang telah diketahui, mutiara kerang adalah salah satu perhiasan yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Terdapat dua jenis kerang mutiara, yaitu kerang mutiara laut dan kerang mutiara air tawar.

Meski sama-sama dapat menghasilkan mutiara, namun kerang yang dihasilkan dari kerang mutiara laut lebih berkualitas daripada mutiara yang dihasilkan oleh kerang mutiara air tawar.

Daerah yang terkenal sebagai penghasil mutiara terbaik adalah Lombok di Nusa Tenggara Barat. Banyak petani yang membudidayakan kerang yang telah sukses di sana karena mutiara yang dihasilkan berhasil menembus pasar internasional.

Pemandu Wisata Bawah Laut

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut
Sumber Gambar: tourscabo.com

Seseorang yang berprofesi sebagai pemandu wisata bawah laut juga dapat dikategorikan sebagai salah satu pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya laut.

Jenis pekerjaan ini banyak dilakukan karena banyak pantai di Indonesia yang menyuguhkan keindahan pemandangan bawah laut sehingga banyak wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan di bawah laut.

Kondisi geografis Pulau Bali adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal karena memiliki keindahan pesona bawah laut yang sangat mempesona.

Meskipun terbilang mudah, namun faktanya menjadi pemandu wisata bawah laut harus memiliki pengetahuan mengenai snorkeling sekaligus menjamin keselamatan wisatawan yang ingin menggunakan jasanya.

Selain jenis pekerjaan tersebut, terdapat banyak lagi pekerjaan lainnya yang memanfaatkan sumber daya laut, di antaranya adalah menteri kelautan dan perikanan, pemburu hewan laut lainnya selain ikan, petambak udang, pekerja di pelelangan ikan, pedagang ikan, pembuat kapal laut, dan masih banyak lagi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut. Jenis-jenis pekerjaan tersebut dapat kita coba lakukan terlebih lagi jika kita tinggal di pesisir pantai. Ini karena jenis pekerjaan tersebut nyatanya dapat menghasilkan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Tinggalkan Balasan