Nama Pelabuhan di Indonesia

Nama Pelabuhan di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang memiliki kondisi geografis sebagai negara kepulauan dan juga maritim. Maka tak heran jika di negara kita ini memiliki banyak pelabuhan yang tersebar di berbagai pulau.

Seperti contohnya pada kondisi geografis Pulau Bali, meski Bali tergolong sebagai pulau yang kecil namun di dalamnya terdapat beberapa pelabuhan yang berperan penting untuk menunjang perekonomian masyarakatnya.

Ya, keberadaan pelabuhan memang sangat penting baik itu dalam hubungan perdagangan atau sebagai sarana transportasi manusia untuk menghubungkan antara satu pulau dengan pulau yang lainnya.

10 Nama Pelabuhan di Indonesia yang Terkenal

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: www.marketeers.com

Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 70 pelabuhan yang telah beroperasi dan tersebar di berbagai daerah/pulau.

Untuk menambah wawasan kita mengenai pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia, maka di bawah ini adalah penjelasan tentang 10 nama pelabuhan yang terkenal di Indonesia.

1. Pelabuhan Tanjung Priok

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: aktual.com

Tanjung Priok merupakan pelabuhan yang terletak di utara Provinsi DKI Jakarta dan disebut sebagai pelabuhan tersibuk di Indonesia.

Bukan hanya mengangkut penumpang saja, pelabuhan ini juga disibukkan dengan angkutan barang yang keluar-masuk dari pulau dan juga luar negeri.

Adapun pembangunan pelabuhan ini diawali saat terjadi pengendapan lumpur di muara sungai Ciliwung pada pertengahan tahun 1960. Endapan lumpur ini menghambat keluar-masuknya kapal-kapal yang hendak berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Atas dasar itulah dibangun Pelabuhan Tanjung Priok untuk dijadikan sebagai lokasi alternatif mengingat hanya berjarak sekitar 9 Km dari Sunda Kelapa.

2. Pelabuhan Tanjung Mas

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: live.staticflickr.com

Tanjung Mas merupakan pelabuhan yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Pelabuhan ini memiliki luas 500 hektare yang di dalamnya terdapat fasilitas lengkap seperti Alur Pelayaran, Dermaga, Kolam Pelabuhan, Terminal, dan Gudang.

Di area pelabuhan ini juga terdapat sebuah mercusuar yang diberi nama Willem 3. Mercusuar Willem 3 dibangun pada tahun 1884 dan dibangun oleh Pemerintahan Kolonial Belanda yang pada saat itu ingin menjadikan kota Semarang sebagai kota pelabuhan dan juga kota dagang.

3. Pelabuhan Tanjung Perak

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: supplychainindonesia.com

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya adalah pelabuhan teramai kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Setiap harinya terdapat ratusan kapal beraktivitas di pelabuhan yang terkenal karena fasilitasnya yang super lengkap ini.

Selain itu, Pelabuhan Tanjung Perak juga berfungsi untuk menghubungkan antara Kota Surabaya dengan kota-kota pelabuhan lainnya di Indonesia. Informasi mengenai pembangunan pelabuhan ini dimulai pada tahun 1910.

4. Pelabuhan Merak

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: faktabanten.co.id

Pelabuhan Merak merupakan sebuah pelabuhan yang terletak di Provinsi Banten. Dapat dikatakan, pelabuhan ini memiliki letak yang sangat strategis karena menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera yang mana kedua pulau ini terpisah oleh Selat Sunda.

Adapun pelabuhan ini juga menjadi pintu masuk dari Provinsi Lampung yang terdapat di ujung selatan Pulau Sumatera dengan Provinsi Banten serta sebaliknya.

Pada umumnya, terdapat puluhan bahkan ratusan kapal yang beroperasi dari Merak ke Bakauheni dan juga sebaliknya.

5. Pelabuhan Bakauheni

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: harianmomentum.com

Pulau Sumatera memiliki banyak pelabuhan yang terkenal, nah salah satunya adalah Pelabuhan Bakauheni yang menjadi pelabuhan penting mengingat letaknya yang juga strategis untuk menghubungkan antara Pulau Sumatera dan Jawa.

Pelabuhan yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan ini setiap harinya disinggahi ratusan kapal.

Sementara itu, kapal yang paling sering berlabuh di pelabuhan ini adalah kapal feri yang umumnya melayani jasa penyeberangan angkutan darat seperti bus penumpang, truk, mobil dan motor.

Puncak kepadatan di pelabuhan ini biasanya terjadi pada saat hari raya Idul Fitri yang mana banyak masyarakat yang mudik ke kampung halaman setelah bekerja di Jawa ataupun sebaliknya.

6. Pelabuhan Soekarno-Hatta

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: inaport4.co.id

Jika mendengar kata Soekarno-Hatta pasti yang terbesit pertama kali di pikiran kita adalah sebuah bandara Internasional yang terletak di Provinsi Banten, ya kan?

Namun ternyata terdapat juga pelabuhan di Indonesia yang juga diberi nama Soekarno-Hatta. Ya, pelabuhan ini memang benar adanya dan di beri nama Pelabuhan Soekarno-Hatta yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Adapun pelabuhan ini dikelola oleh PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia). Didalam pelabuhan ini terdapat berbagai fasilitas yang mendukung seperti terminal peti kemas. Terminal peti kemas ini adalah wilayah keluar-masuknya barang dari dan ke Makassar.

7. Pelabuhan Ketapang

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: www.indonesiaferry.co.id

Di ujung timur Pulau Jawa juga terdapat salah satu pelabuhan yang cukup terkenal, yaitu Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur. Pelabuhan Ketapang menjadi pintu gerbang utama dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali atau sebaliknya yang mana kapal-kapal ini harus melintasi Selat Bali.

Setiap harinya pelabuhan ini disibukkan oleh aktivitas puluhan kapal feri yang singgah atau berlabuh di Pelabuhan Ketapang.

8. Pelabuhan Harbour Bay

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Jika dilihat dari namanya, pelabuhan ini seolah-olah tidak terletak di Indonesia. Namun jika kita berkunjung ke Pulau Batam, maka kita pasti menemukan sebuah pelabuhan terkenal yang di beri nama Pelabuhan Harbour Bay.

Pelabuhan ini tidak seperti pelabuhan pada umumnya terlebih lagi pada saat malam hari. Hal ini karena dari Pelabuhan Harbour Bay kita dapat menikmati indahnya lampu-lampu yang terletak di Singapura.

Maka tak heran jika di sekitar pelabuhan banyak restoran-restoran bertarif mahal yang berjejer di Pelabuhan Harbour Bay. Saat ini Pelabuhan Harbour Bay telah menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di pulau Batam.

9. Pelabuhan Batam Center

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: storage.googleapis.com

Meskipun sama-sama terletak di Batam, namun Pelabuhan Batam Center berbeda dengan Pelabuhan Harbour Bay. Hal ini karena Pelabuhan Batam Center lebih didominasi oleh kapal-kapal pengangkut barang.

Banyak barang dari luar negeri yang masuk melalui pelabuhan ini sehingga tidak heran jika di sekitar area pelabuhan kita dapat dengan mudah menjumpai barang-barang impor yang di jual dengan harga yang sangat murah.

Hingga kini, terdapat dua jenis kapal feri yang sering beroperasi, yaitu Batam Fast dan Penguin dengan jadwal keberangkatan hampir setiap jam mulai dari pukul 6:00 hingga pukul 21:00.

10. Pelabuhan Sunda Kelapa

Nama Pelabuhan di Indonesia
Sumber Gambar: panduanwisata.id

Selain Tanjung Priok, di Provinsi DKI Jakarta juga terdapat satu pelabuhan lagi yang juga sangat terkenal, yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sering juga disebut sebagai pasar ikan, pelabuhan ini juga dikenal sebagai saksi bisu sejarah panjang Kota Jakarta. Hal ini karena Pelabuhan Sunda Kelapa sudah ada sejak masa Kerajaan Pajajaran atau tepatnya sekitar abad ke-12.

Pada awalnya, pelabuhan ini bernama Pelabuhan Kalapa. Di masa kejayaannya, pelabuhan ini dijadikan sebagai pelabuhan utama yang sangat penting di dalam keluar-masuknya barang ke Jakarta yang saat itu masih dikuasai oleh Kerajaan Pajajaran.

Hingga kemudian pada awal tahun 1970, pelabuhan ini diubah namanya dari Pelabuhan Kalapa menjadi Pelabuhan Sunda Kelapa.

Dengan keberadaan pelabuhan-pelabuhan ini faktanya dapat membantu dalam kehidupan masyarakat yang hendak menuju ke pulau lain. Selain itu, pelabuhan juga berfungsi sebagai keluar-masuknya barang dari dalam dan luar negeri.

Itulah pembahasan mengenai 10 nama pelabuhan di Indonesia yang paling terkenal. Diluar daripada yang telah kita bahas bersama, tentu masih banyak pelabuhan-pelabuhan lainnya yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar