Kondisi Geografis Pulau Bali

Kondisi Geografis Pulau Bali – Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang masuk dalam gugusan Kepulauan Nusa Tenggara. Saat ini Pulau Bali termasuk wilayah Provinsi Bali yang dikenal juga dengan nama Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura.

Daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata paling terkenal di seluruh dunia yang terdapat di Indonesia. Bukan hanya kaya akan keragaman budayanya saja, panorama alam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis asing maupun lokal.

Karena memiliki banyak kekayaan alam seperti halnya bentang alam Pulau Jawa, maka sektor pariwisata di Pulau Bali menjadi roda perekonomian utama masyarakatnya.

Kondisi Geografis Pulau Bali Berdasarkan Peta

Kondisi Geografis Pulau Bali
Sumber Gambar: wikipedia

Di pulau ini terdapat sembilan kabupaten/kota yang mana Kabupaten Buleleng yang terletak di Pulau Bali bagian utara ini tercatat sebagai kabupaten dengan wilayah terluas dengan luas wilayah mencapai 1.264 Km persegi.

Sebagai bangsa Indonesia, kita patut bangga karena Bali menjadi salah satu pulau dengan destinasi wisata unggulan yang sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Namun bukan hanya sektor wisata saja yang wajib diketahui dari pulau yang di juluki sebagai Pulau Seribu Pura ini.

Mengetahui kondisi geografis pulau ini juga perlu kita ketahui sebagai bahan referensi tambahan yang sekiranya bermanfaat untuk di kemudian hari. Nah, sebagai bahan referensi, di bawah ini adalah pembahasan mengenai kondisi geografis Pulau Dewata berdasarkan peta.

Letak Astronomis

Jika melihat dari segi letak astronomis, pulau yang memiliki luas sekitar 5.700 Km persegi ini terletak pada posisi 08º03′ – 08º50′ Lintang Selatan serta membentang dari posisi 114º26′ – 115º42′ Bujur Timur.

Batas Wilayah Pulau Bali

Adapun informasi terkait batas wilayah Pulau Bali di bagian utara adalah berbatasan dengan Laut Bali dan bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Sementara pada bagian bagian barat Pulau Bali berbatasan dengan Selat Bali dan Provinsi Jawa Timur, sedangkan bagian timur berbatasan dengan Selat Lombok dan juga Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gunung di Pulau Bali

Kondisi Geografis Pulau Bali
Sumber Gambar: phinemo.com

Meski berstatus sebagai pulau yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Pulau Jawa, ternyata pulau ini juga memiliki puluhan gunung baik itu yang masih aktif atau sudah mati.

Adapun gunung yang paling terkenal di Bali adalah Gunung Agung yang memiliki ketinggian 3.031 mdpl (dikutip dari wikipedia). Secara administratif, Gunung Agung terletak di Kabupaten Karangasem dan dikategorikan sebagai salah satu gunung api aktif di Indonesia.

Berdasarkan catatan sejarah, Gunung Agung pernah meletus dahsyat pada tahun 1963 dengan indeks letusan mencapai VEI 5 dan mengakibatkan sedikitnya 1.700 nyawa orang melayang.

Namun selain Gunung Agung, Pulau Bali juga memiliki gunung-gunung lainnya yang terletak di berbagai wilayah di pulau ini, di antaranya adalah:

  • Gunung Batu, Gunung Abang dan Gunung Penulisan yang terletak di Bangli
  • Gunung Catur dan Gunung Batu Karu terletak di Kabupaten Tabanan
  • Gunung Silang Jana dan Gunung Lesong di Kabupaten Buleleng

Pantai di Pulau Bali

Kondisi Geografis Pulau Bali
Sumber Gambar: arifsetiawan.com

Berbicara mengenai pantai, Pulau Bali adalah gudangnya pantai-pantai indah. Hampir di setiap pesisir di pulau ini memiliki wisata pantai yang sangat menarik.

Beberapa pantai yang sangat terkenal dan menjadi wisata andalan di Pulau Bali adalah Pantai Sanur, Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Pantai Mengiat Nusa Dua, Pantai Dreamland, Pantai Jimbaran, Pantai Legian, Pantai Karma Kandara, dan lainnya.

Sungai di Pulau Bali

Kondisi Geografis Pulau Bali
Sumber Gambar: thetravellingsquid.com

Pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa ini juga memiliki ratusan sungai yang mana sungai terpanjang di pulau ini bernama Tukad (sungai) Ayung yang bermuara di Selat Badung.

Berdasarkan data laporan Provinsi Bali dalam angka 2020, sungai ini memiliki panjang mencapai 62,5 Km. Beberapa wilayah yang dilewati oleh Tukad Ayung bahkan dijadikan sebagai petualangan alam seperti rafting dan arung jeram.

Salah satu lokasi paling terkenal dari Sungai Ayung ini adalah terdapat di kawasan Ubud. Tidak hanya Tukad Ayung saja, Pulau Bali juga memiliki sungai lainnya yang juga cukup terkenal, seperti Sungai Yeh Abe, Tukad Bayat, Tukad Penet, Tukad Pakerisan, Tukad Pang, Tukad Medaum, dan lain sebagainya.

Danau di Pulau Bali

Kondisi Geografis Pulau Bali
Sumber Gambar: www.kundurnews.co.id

Bali juga memiliki beberapa danau yang cukup terkenal sebagai tempat wisata unggulan karena memiliki pesona yang sangat indah. Beberapa yang di maksud adalah Danau Bedugul atau Danau Beratan, Danau Batur, Danau Buyan, Danau Uluwatu dan Danau Tamblingan.

Nah, Itulah pembahasan mengenai kondisi geografis Pulau Bali jika dilihat berdasarkan peta. Semoga ulasan kali ini bermanfaat sehingga dapat menjadi rujukan utama bagi kita yang saat ini sedang membutuhkan referensi tentang pulau yang di juluki sebagai Pulau Dewata ini.

Tinggalkan komentar