Bentang Alam Pulau Jawa

Bentang Alam Pulau Jawa – Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang mana di dalamnya terdapat lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke.

Berbicara mengenai pulau di Indonesia tentu tidak bisa dipisahkan dari bentang alam Pulau Jawa. Bentang alam sendiri merupakan pemandangan suatu daerah dengan berbagai ragam penampakan alam.

Adapun bentang alam ini telah ada jauh sebelum Indonesia menjadi negara merdeka. Bahkan pada era Mahapatih Gajah Mada masih menjadi patih di Kerajaan Majapahit atau lebih jauh dari itu, bentang alam Nusantara memang telah ada.

Bentang Alam Pulau Jawa Secara Umum

Jika dilihat secara umum, bentang alam pulau terpadat di Indonesia ini terdiri dari penampakan alam seperti gunung, bukit, sungai hingga pantai.

Selain itu, kekayaan alam yang terdapat di pulau ini juga memiliki karakter yang berbeda-beda dengan wilayah lainnya.

Seperti contohnya gunung di Pulau Jawa yang menjadi salah satu penampakan alam yang sangat indah dengan karakteristik gunung aktif.

Ada juga lembah di pulau ini yang juga menjadi salah satu pemandangan alam yang indah dengan dihiasi lereng-lereng hijau dengan tanah yang subur.

Untuk lebih mengetahui pengetahuan tentang bentang alam, di bawah ini adalah penjelasan singkat dan jelas mengenai bentang alam yang terdapat di pulau dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia lengkap beserta contoh dan kenampakan alamnya.

Gunung

Bentang Alam Pulau Jawa
Sumber Gambar: i.misteraladin.com

Meski berstatus sebagai pulau terpadat di Indonesia, ternyata di pulau ini juga terdapat belasan bahkan puluhan gunung berapi yang masih aktif dan terkenal.

Adapun gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru di Jawa Timur, disusul Gunung Slamet dan Gunung Sumbing yang terletak di Jawa Tengah.

Ketiga gunung ini cukup terkenal di kalangan para pendaki gunung serta dijuluki sebagai “Triple S” Pulau Jawa. Hal ini karena ketiga gunung tersebut memiliki nama dengan awalan S serta menjadi gunung favorit untuk di daki.

Pulau Jawa juga memiliki gunung berapi teraktif di Indonesia, yaitu Gunung Merapi. Selain gunung-gunung tersebut di atas, terdapat juga gunung lainnya yang cukup terkenal dan menjadi tujuan para pendaki gunung.

Diantaranya adalah Gunung Bromo, Gunung Ciremai, Gunung Salak, Gunung Lawu, Gunung Raung, Gunung Merbabu, Gunung Prau, dan masih banyak lagi.

Bukit

Bentang Alam Pulau Jawa
Sumber Gambar: destinasiku.com

Selain gunung, Pulau Jawa juga memiliki bukit yang menjadi destinasi wisata unggulan, seperti Bukit Candi Abang yang terletak di Sleman Yogyakarta, Bukit Sikunir Jawa Tengah, Bukit Pangonan Jawa Tengah, Bukit Teletubis Malang, Bukit Mangunan di Imogiri Yogyakarta, Bukit Moko di Bandung, dan Bukit Sumedang di Jawa Barat.

Lembah

Bentang Alam Pulau Jawa
Sumber Gambar: ksmtour.com

Terdapat beberapa lembah yang cukup terkenal di Pulau Jawa, seperti Lembah Grand Canyon, Lembah Kaliurang, Lembah Dieng, Lembah Cilengkrang, Lembah Posong, Lembah Diro, Lembah Gunung Madu.

Dataran Tinggi

Bentang Alam Pulau Jawa
Sumber Gambar: www.gayahidup.co.id

Sementara itu, terdapat juga dataran tinggi yang terdapat di Pulau Jawa yang cukup terkenal.

Beberapa dataran tinggi yang dimaksud Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah, Dataran Tinggi Magelang Jawa Tengah, Dataran Tinggi Tengger Jawa Timur, Dataran Tinggi Malang Jawa Timur, Dataran Tinggi Cianjur Jawa Barat dan Dataran Tinggi Puncak, Jawa Barat.

Dataran Rendah

Bentang Alam Pulau Jawa
Sumber Gambar: risalridwan.blogspot.com

Pulau yang memiliki 6 provinsi ini juga mempunyai wilayah dataran rendah, di antaranya adalah Dataran Rendah Semarang, Dataran Rendah Surakarta, dan Dataran Rendah Madiun.

Sungai

Bentang Alam Pulau Jawa
Sumber Gambar: www.jawapos.com

Jika berbicara mengenai sungai, Pulau Jawa juga memiliki puluhan bahkan ratusan sungai yang tersebar di berbagai provinsi di Pulau Jawa.

Sungai-sungai ini Sungai Bengawan Solo, Sungai Brantas, Sungai Serayu, Sungai Citanduy, Sungai Citarum, Sungai Ciliwung, Sungai Cisadane, dan lainnya.

Pantai

Bentang Alam Pulau Jawa
Sumber Gambar: haecceities.files.wordpress.com

Pulau Jawa juga memiliki pantai yang membentang dari ujung barat sampai ujung timur yang mana pantai-pantai ini menyimpan keindahan yang tidak kalah indahnya seperti pantai yang terdapat di Pulau Bali.

Beberapa pantai yang cukup terkenal dan dijadikan sebagai wisata unggulan adalah Pantai Karimun Jawa, Pantai Anyer, Pantai Pangandaran, Pantai Banyutibo, Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Sawarna, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Karangbolong, dan lainnya.

Bagaimana, begitu indah dan beragam bukan bentang alam yang terdapat di Pulau Jawa? Setelah membaca ulasan ini, kini kita sudah lebih tahu tentang anugerah alam yang telah Tuhan berikan kepada Pulau Jawa ini.

Tinggalkan komentar