Contoh Budaya Nasional

Contoh Budaya Nasional

Contoh budaya nasional merupakan suatu kebudayaan yang dapat mewakili dan juga bisa untuk menjadi identitas khas pada suatu bangsa.

Kebudayaan nasional merupakan perwujudan cipta, karya dan juga karsa bangsa Indonesia serta merupakan keseluruhan daya upaya manusia atau masyarakat Indonesia guna untuk mengembangkan harkat dan juga martabat bangsa serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap kehidupan bangsa. Hal tersebut tertuang didalam TAP MPR No. 11 tahun 1998.

Berbeda dengan contoh budaya daerah, budaya nasional adalah hasil dari asimilasi dan juga akulturasi dari beberapa kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia, misalnya saja kebudayaan suku dayak, kebudayaan suku banjar, kebudayaan lampung atau kebudayaan-kebudayaan lainnya.

Contoh Budaya Nasional Indonesia

Contoh Budaya Nasional
Sumber Gambar: sumber: moondoggiesmusic.com

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai budaya baik itu budaya daerah atau pun budaya nasional. Dibawah ini adalah beberapa contoh budaya nasional yang ada di Indonesia.

1. Pakaian Nasional

Contoh Budaya Nasional
Sumber Gambar: sumber: pbs.twimg.com

Pakaian adat di Indonesia memiliki jumlah yang sangat banyak. Hampir di setiap daerah memiliki pakaian adat masing-masing. Misalnya saja di Jawa terdapat batik, kebaya dan juga beskap. Pakaian adat dari Bali yang bernama kamben, Nusa tenggara juga memiliki kain tenun yang tidak dapat dipisahkan.

Dari sekian banyak pakaian adat yang ada di Indonesia, maka dipilihlah beberapa pakaian adat yang bisa mewakili Indonesia secara umum, yaitu batik dan kebaya sebagai pakaian nasional.

1. Batik 

Batik telah menjadi bagian dari budaya nasional. Bahkan dunia telah mengetahui dan mengakui bahwa seni budaya melukis ini hanya ada di Indonesia.

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan  batik sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi  (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Sumber: id.wikipedia.org.

2. Kebaya

Pakaian nasional selain batik adalah kebaya. Kebaya merupakan pakaian tradisional atau blus tradisional yang biasanya dipakai oleh wanita Indonesia.

Kebaya terbuat dari bahan yang tipis dan umumnya dikenakan dengan batik, sarung, atau pakaian rajutan tradisional lainnya misalnya songket yang bermotif warna-warni.

2. Rumah Adat Nasional

Contoh budaya Indonesia yang kedua adalah rumah adat nasional. Diantara sekian banyak rumah adat yang ada di Indonesia, rumah joglo dan rumah gadang merupakan rumah adat yang paling sering dianggap sebagai rumah adat nasional di Indonesia.

1. Rumah Joglo

Contoh Budaya Nasional
Sumber Gambar: blog.elevenia.co.id

Joglo merupakan rumah tradisional masyarakat Jawa yang umumnya terdiri atas 4 tiang utama. Terdapat 17 jenis rumah joglo yang tersebar di Pulau Jawa atau sekitarnya.

17 jenis rumah joglo yang dimaksud adalah:

  1. Joglo ceblokan
  2. Joglo kepuhan limolasan
  3. Joglo lambangsari
  4. Joglo kepuhan lawakan
  5. Joglo kepuhan awitan
  6. Joglo wantah apitan
  7. Joglo Limasan Lawakan (atau “Joglo Lawakan”)
  8. Joglo Sinom ( Sinom Apitan)
  9. Joglo Jompongan (Jompongan Pokok)
  10. Joglo Pangrawit
  11. Joglo Mangkurat
  12. Joglo Hageng
  13. Joglo Semar Tinandhu
  14. Joglo Jepara
  15. Joglo Kudus
  16. Joglo Pati
  17. Joglo Rembang

Sumber: id.wikipedia.org.

2. Rumah Gadang

Contoh Budaya Nasional
Sumber Gambar: rumahkecilminimalis.com

Rumah adat nasional yang kedua adalah rumah gadang. Rumah gadang merupakan rumah adat yang berasal dari Minangkabau yang banyak dijumpai di provinsi Sumatra Barat.

Masyarakat setempat menyebut rumah ini dengan nama Rumah Bagonjong atau ada pula yang menyebutnya dengan nama Rumah Baanjuang.

Kedua rumah adat ini memiliki arsitektur yang unik serta sangat menggambarkan karakter dan ciri khas bangsa Indonesia. Pemilihan rumah adat nasional ini diputuskan berdasarkan kecocokan dengan ciri khas bangsa Indonesia.

3. Alat Musik Nasional

Contoh Budaya Daerah
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Selanjutnya yang menjadi contoh budaya nasional Indonesia adalah alat musik nasional. Dari sekian banyak alat musik tradisional yang ada di Indonesia, gamelan merupakan alat musik adat yang dijadikan sebagai alat musik nasional.

Alat musik gamelan banyak digunakan di berbagai wilayah di Indonesia, seperti di Jawa dan Bali.

Dipilihnya gamelan sebagai alat musik nasional karena gamelan dianggap dapat memberikan ciri khas bagi bangsa Indonesia serta memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan alat musik lainnya.

Oleh sebab itu, gamelan sangat cocok untuk menggambarkan adat masyarakat Indonesia yang suka bekerja sama dan gotong-royong didalam kehidupan sehari-hari.

4. Kesenian Nasional

Contoh Budaya Nasional
Sumber Gambar: bisniswisata.co.id

Kesenian wayang kulit merupakan salah satu kesenian yang ada di Indonesia yang mewakili sebagai kesenian nasional. Namun sebenarnya, terdapat banyak sekali jenis kesenian adat yang dapat dipilih, tetapi seni wayang kulit merupakan yang paling sering digunakan untuk menggambarkan kesenian nasional Indonesia.

Kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya selalu melestarikan kesenian nasional ini karena jika kita tidak melestarikannya maka bisa saja negara lain dapat mencuri kesenian yang ada di Indonesia dan juga mematenkannya sebagai kesenian nasional mereka.

Seperti contohnya reog Ponorogo yang pernah diakui oleh Malaysia sebagai kesenian nasional negaranya. Sama halnya dengan reog Ponorogo, seni wayang kulit pun pernah dicuri dan hampir dipatenkan oleh negara lain sebagai kesenian nasionalnya.

Hal ini karena Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun yang mengakibatkan terdapat banyak kesamaan dalam kebudayaan dan keseniannya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kita sebagai bangsa Indonesia wajib untuk menjaga, menghargai dan melestarikan kesenian nasional yang ada di Indonesia agar hal-hal tersebut tidak terulang kembali.

5. Masakan Nasional

Contoh Budaya Daerah
Sumber Gambar: i2.wp.com

Berbicara mengenai masakan nasional di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Terdapat begitu banyak makanan tradisional yang dapat dijadikan sebagai masakan nasional.

Diantara sekian banyaknya masakan khas Indonesia, masakan rendang Padang merupakan yang paling lazim untuk dijadikan sebagai ikon masakan nasional Indonesia.

Ini dikarenakan rendang Padang telah memiliki pamor yang sangat baik didalam atau bahkan diluar negeri. Rendang pernah dinobatkan sebagai salah satu makanan khas paling nikmat dan lezat di dunia sehingga tidak mengherankan jika rendang dijadikan sebagai masakan nasional Indonesia.

6. Peninggalan Bersejarah

Contoh Budaya Nasional
Sumber Gambar: hoteltentrem.com

Contoh budaya nasional Indonesia yang terakhir adalah peninggalan-peninggalan bersejarah. Peninggalan sejarah yang menggambarkan tentang kebudayaan nasional Indonesia memang sangat banyak.

Akan tetapi candi Borobudur merupakan salah satu yang paling sering dijadikan sebagai peninggalan bersejarah di Indonesia. Selain itu, candi Borobudur juga dinobatkan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang sering dikunjungi dan paling disukai oleh wisatawan mancanegara.

Selain candi Borobudur, terdapat juga candi Prambanan yang juga dijadikan sebagai ikon warisan budaya. candi Prambanan memiliki keindahan yang berbeda dengan candi-candi lainnya hingga sebagian orang menobatkan candi Prambanan sebagai ikon kebudayaan bersejarah di Indonesia.

Pengertian Budaya Nasional

Budaya nasional merupakan serangkaian himpunan norma, perilaku, kepercayaan, adat istiadat, dan juga nilai-nilai yang dimiliki oleh populasi negara yang berdaulat. Seperangkat keyakinan, makna nilai, dan asumsi yang khas umumnya dipegang oleh anggota kelompok nasional.

Dengan perbedaan budaya nasional dapat dinyatakan sebagai nilai-nilai di sejumlah dimensi, jarak kekuasaan, individualisme-kolektivisme, maskulinitas-feminitas, dan juga penghindaran dari ketidakpastian.

Pengertian Kebudayaan Nasional Menurut Para Ahli

1. Sutan Takdir Alisyahbana

Sutan Takdir Alisyahbana memberikan pengertian tentang kebudayaan nasional Indonesia sebagai suatu kebudayaan yang universal.

Unsur-unsur yang dikreasikan terutama adalah yang terbilang cukup langka dan dimiliki oleh masyarakat Indonesia pada masa itu yaitu teknologi, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan keterampilan berorganisasi.

Agar dapat berkreasi untuk mencapai upaya tersebut yaitu dapat melalui usaha mempertajam rasio atau akal masyarakat Indonesia dengan cara mengambil alih dinamisme Barat.

2. Sanusi Pane

Sedangkan menurut Sanusi Pane, kebudayaan nasional Indonesia adalah sebagai kebudayaan timur yang harus mementingkan unsur-unsur kerohanian, perasaan, dan juga gotong-royong.

3. Poerbatjaraka

Poerbatjaraka juga memberikan penjelasan mengenai pengertian kebudayaan nasional Indonesia yaitu harus berakar pada kebudayaan Indonesia sendiri. Artinya adalah harus berakar pada kebudayaan suku-suku bangsa yang terdapat di Nusantara.

Serta dianjurkan juga agar manusia atau masyarakat Indonesia banyak mempelajari sejarah kebudayaannya sendiri.

4. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan nasional Indonesia merupakan puncak kebudayaan daerah. Didalam hal ini, Ki Hajar Dewantara telah memasukkan aspek mutu sebab ungkapan puncak yang berarti unsur-unsur kebudayaan daerah merupakan yang paling tinggi mutunya.

5. Koentjaraningrat

Pengertian budaya nasional menurut para ahli yang terakhir adalah dari Koentjaraningrat. Menurut Koentjaraningrat, terdapat beberapa konsep kebudayaan nasional, diantaranya adalah:

  1. Kebudayaan nasional adalah karya warga negara Indonesia. Termasuk didalamnya yaitu karya-karya zaman dahulu di berbagai wilayah di tanah air.
  2. Kebudayaan nasional adalah hasil karya warga negara Indonesia dimana tema pikiran dan wujudnya mengandung ciri-ciri khas Indonesia.
  3. Kebudayaan nasional adalah hasil karya warga negara Indonesia yang pada umumnya dapat dirasakan dan mempunyai nilai yang tinggi sehingga dapat menjadi kebanggaan orang Indonesia.

Ciri atau Karakteristik Kebudayaan Nasional

Kebudayaan nasional memiliki ciri-ciri atau karakteristik, seperti:

  1. Hasil budidaya masyarakat bangsa.
  2. Hasil budidaya masyarakat sejak zaman dahulu hingga kini.
  3. Hasil budidaya yang dibanggakan.
  4. Hasil budidaya yang memberikan identitas bangsa.
  5. Hasil budidaya yang memiliki kekhasan bangsa.
  6. Hasil budidaya yang menciptakan jati diri bangsa.

Fungsi Kebudayaan Nasional

Menurut Usman Pelly, kebudayaan nasional berfungsi sebagai pedoman untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa bagi masyarakat majemuk di Indonesia. Misalnya saja seperti Indonesia bermanfaat untuk mencari pedoman dalam pengambilalihan ilmu dan teknologi modern.

Tujuan Kebudayaan Nasional Indonesia

Terdapat 4 tujuan pengembangan kebudayaan nasional Indonesia, yaitu:

  1. Kebudayaan nasional adalah perwujudan hasil upaya dan juga tanggapan aktif masyarakat Indonesia untuk proses adaptasi terhadap lingkungannya dalam arti luas.
  2. Pengembangan kebudayaan nasional harus menuju ke arah kemajuan adab yang bisa memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Kebudayaan nasional merupakan perpaduan antara puncak-puncak kebudayaan daerah, sehingga dapat mewujudkan konfigurasi budaya bangsa.
  4. Tidak menutup kemungkinan untuk menyerap unsur-unsur kebudayaan asing yang bisa memperkaya dan mengembangkan kebudayaan nasional serta untuk mempertinggi kemanusiaan bangsa Indonesia.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai contoh budaya nasional, pengertian budaya nasional, ciri-ciri atau karakteristik kebudayaan nasional, fungsi kebudayaan nasional dan tujuan kebudayaan nasional Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan kita akan kebudayaan nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan