Mudah! Begini Cara Daftar Bansos Online Secara Mandiri

Mudah! Begini Cara Daftar Bansos Online Secara Mandiri

Pemerintah Indonesia terus berupaya membantu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan.

Jika sebelumnya untuk mendapatkan bantuan sosial atau yang biasa kita kenal dengan bansos ini, masyarakat didata melalui sensus atau mengambil data dari wilayah setempat.

Saat ini Pemerintah berupaya mempermudah hal tersebut. Pemerintah mengupayakan agar bantuan sosial dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.

Pemerintah juga memiliki berbagai macam program bantuan sosial yang dapat dipilih oleh golongan masyarakat yang membutuhkan.

Dengan memanfaatkan teknologi yang telah berkembang, Pemerintah berusaha memfasilitasi masyarakat khususnya untuk penerima bansos.

Pendaftaran bantuan sosial saat ini sudah dapat dilakukan secara daring atau online. Karena hampir semua masyarakat Indonesia sudah dekat dengan teknologi dan paling tidak mampu mendaftarkan diri secara mandiri guna mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Bantuan sosial pun masih terus digulirkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial. Dengan bantuan aplikasi yang sudah dibuat oleh Kementerian Sosial, baik pendaftaran bantuan sosial maupun penyalurannya diharapkan akan lebih mudah dan tepat sasaran.

Lalu bagaimanakah cara mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah?

Baca Juga: 8 Coin Crypto Terbaik yang Kian Mengguat

Cara Registrasi Bantuan Sosial

Kementerian Sosial mengembangkan aplikasi yang dinamakan dengan cek bansos. Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah di PlayStore dari ponsel Anda.

langkah-langkah mendaftarkan diri untuk mendapatkan bansos ini adalah sebagai berikut :

Unduh aplikasi Cek Bansos dari PlayStore.

  1. Setelah aplikasi terinstal, masuk ke aplikasi, lalu pilih menu “Buat Akun Baru” untuk memulai proses registrasi.
  2. Persiapkan data personal Anda, seperti KTP dan KK.
  3. Masukan data diri pengusul bansos seperti NIK KTP dan nomor KK.
  4. Setelah itu, unggah foto ktp serta foto KTP pengusul bansos.
  5. Pastikan data yang diisi sudah benar lalu klik “Buat Akun Baru”.
  6. Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa registrasi berhasil, Anda mulai dapat menggunakan aplikasi ini. Selain mendaftarkan diri sendiri, pengusul bansos juga dapat mendaftarkan teman atau kerabat.
  7. Cara mendaftarkan kerabat atau orang lain pilih menu “daftar usulan”.
  8. Masukan data-data diri dari penerima bansos atau disebut dengan usulan bansos.
  9. Lalu unggah foto KTP asli dari usulan penerima bansos disertai dengan rumah dari penerima bansos (tampak depan).
  10. Setelah semua data diisi dengan benar, Anda hanya tinggal menunggu proses verifikasi dari Kemensos.

Untuk melihat apakah Anda atau usulan tambahan penerima bansos lulus dalam proses verifikasi atau tidak, dapat dilihat melalui aplikasi ini juga atau masuk ke dalam laman www.cekbansos.kemensos.go.id

Untuk masyarakat yang memang berada di kriteria penerima bansos yang ditetapkan oleh kementerian sosial, melalui aplikasi ini Anda dapat memilih jenis bantuan sosial melalui menu “pilih jenis bansos”.

Proses verifikasi untuk penerima bantuan sosial ini memang membutuhkan sedikit waktu. Karena dari data yang telah diinput atau dimasukkan harus dicocokan dengan data yang ada pada Kementerian Sosial.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Trading Saham Online Terbaik Tahun ini!

Manfaat Mendaftar Secara Online Bantuan Sosial

Sebenarnya bukan hanya saat ini Pemerintah Indonesia membuat program bantuan sosial untuk membantu golongan masyarakat yang membutuhkan.

Program bantuan sosial ini sudah bergulir sejak lama, hanya saja selama ini bantuan-bantuan sosial yang digelontorkan pemerintah dianggap kurang tepat sasaran.

Dengan adanya aplikasi Cek Bansos, masyarakat diajak untuk berperan aktif dalam pendataan dan pendistribusian bantuan sosial.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Trading Saham Luar Negeri Terpercaya!

Sehingga diharapkan untuk kedepannya bantuan-bantuan sosial yang telah digelontorkan Pemerintah, dapat diterima dan diserap dengan baik oleh masyarakat.

Pemanfaatan teknologi yang berbasis pada aplikasi sendiri dianggap sebuah inovasi baru. Sehingga masyarakat yang memang berhak menerima bantuan tidak perlu menemui birokrasi yang sulit atau terlalu berbelit-belit.

Tinggalkan Balasan