1 Hektar Berapa Meter

1 Hektar Berapa Meter – Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai besaran pokok dan besaran turunan. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bersama mengenai satuan ukuran, tepatnya konversi hektar ke meter.

Seperti yang diketahui, satuan ukuran dalam ilmu matematika ini bermacam-macam, mulai dari meter, hektar, ons, dan lain sebagainya dimana dari ukuran-ukuran tersebut memiliki besaran ukuran yang berbeda-beda.

Lantas, apakah kita mengetahui jika dalam satu hektar itu terdapat berapa meter? Berikut penjelasan selengkapnya.

1 Hektar Berapa Meter

1 Hektar Berapa Meter

 

Satuan hektar biasanya digunakan untuk mengukur luas suatu lahan atau tanah yang mana pada satu hektar itu sama dengan 10.000 meter persegi (m²).

1 Hektar = 10.000 meter persegi (m²)

Sementara itu, satuan dasar dari hektar adalah are, kemudian satu are bernilai 100 m². Sedangkan kata hekto bermakna 100 kali, sehingga balasan untuk satu hektar berapa meter adalah seperti pada penjabaran tersebut diatas.

Namun selain klarifikasi mengenai satu hektar berapa meter, disini kita juga akan membahas mengenai satuan are serta konversi satuannya.

Satuan Are

Satuan are dapat dikonversikan menjadi meter persegi. Lalu berapakah nilai dari 1 are berapa meter persegi? Jawabannya adalah 1 are bernilai 100 meter persegi. Sedangkan dalam satuan are ditulis menggunakan huruf “a”.

Maka jika terdapat nilai 50 are lebih pantas ditulis 50a. Penggunaan satuan are ini bertujuan untuk memperlihatkan besarnya ukuran luas tanah atau lahan.

Satuan Hektar

Sama seperti halnya satuan are, satuan hektar juga dapat dikonversikan menjadi meter persegi. Jika dikonversikan ke meter persegi, maka nilai satu hektar adalah 10.000 meter persegi. Sedangkan satuan hektar dapat ditulis menjadi “ha”.

Berdasarkan hal tersebut, maka jika terdapat nilai 100 hektar dapat ditulis menjadi 100ha. Nah, untuk satu hektar juga dapat dikonversikan menjadi are, yaitu dengan nilai 1 hektar = 100 are.

Satuan Luas Berbasis Are

Dalam satuan luas berbasis are ini tidak hanya bernilai satu hektar berapa meter persegi saja, namun juga terdapat satuan luas lainnya yang berbasis are ,seperti:

  • kiloare (ka)
  • ektaare (ha)
  • dekaare (daa)
  • are (a)
  • desiare (da)
  • centiare (ca)
  • miliare (ma)

Baca Juga : Cara Membaca Jangka Sorong

Diagram Konversi Hektar ke Meter Persegi

Agar kita lebih memahaminya, berikut adalah tabel atau diagram konversi dari hektar ke meter persegi.

Contoh Soal Hektar dan Meter Persegi

Contoh soal 1

Yoto memiliki lahan pertanian dengan luas total mencapai 9,5 are. Berapakah luas lahan Yoto jika dikonversikan ke dalam bentuk meter persegi?

Jawaban:

Diketahui nilai 1 are adalah 100 meter persegi.

9,5 are = 9,5 x 100 meter persegi = 950 meter persegi.

Sehingga luas lahan Yoto jika dikonversikan ke dalam satuan meter adalah 950 meter persegi.

Contoh soal 2

Terdapat sebuah ladang jagung berbentuk persegi panjang yang mana panjangnya adalah 600 meter dan lebar 300 meter. Berapa are luas lahan jagung tersebut?

Jawaban:

Nilai 1 are adalah 100 meter persegi

Luas ladang jagung 600 m x 300 m= 180.000 meter persegi

Konversikan ke are: 180.000:100 = 1.800 are.

Maka jawabannya adalah 1.800 are.

Contoh soal 3

Miftah memiliki lahan persawahan dengan luas mencapai 5 hektar. Jika dikonversikan ke meter persegi, berapa luas lahan persawahan yang dimiliki oleh Miftah?

Jawaban:

Diketahui, nilai 1 hektar adalah 10.000 meter persegi.

Luas lahan persawahan adalah 5 x 10.000 = 50.000 meter persegi.

Setelah dihitung, maka luas lahan persawahan Miftah adalah 50.000 meter persegi.

Contoh soal 4

Desa Sawangan Wetan mempunyai lapangan dengan ukuran 100 m x 50 m. Jika diubah menjadi hektar, berapakah luas lapangan tersebut?

Jawaban:

Nilai dalam 1 hektar jika dikonversi ke meter persegi adalah 10.000 meter persegi.

Luas lapangan adalah 100 m x 50 m = 5.000 meter persegi.

Konversi meter persegi ke hektar = 5.000:10.000 = 0,5 hektar.

Sehingga luas lapangan di desa Sawangan Wetan dalam satuan hektar adalah 0,5 hektar.

Itulah pembahasan mengenai 1 hektar berapa meter lengkap beserta rumus, diagram, hingga contoh soalnya. Semoga dapat menambah wawasan kita akan satuan ukuran dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar