Fungsi Tulang Telapak Tangan

Fungsi Tulang Telapak Tangan – Tulang merupakan salah satu bagian penting yang terdapat di dalam tubuh manusia. Hal ini karena tulang berfungsi menyusun kerangka tubuh sehingga dapat berdiri dengan baik dan tegak.

Selain itu, kerangka tulang yang tersusun juga memberikan tempat atau ruang bagi organ-organ dalam tubuh lainnya, sehingga setiap organ tubuh bisa saling terhubung dan juga melakukan fungsinya dengan baik dan optimal.

Dari sekian banyak rangkaian tulang yang ada pada tubuh manusia, tulang telapak tangan merupakan salah satu tulang yang memiliki peran sangat penting.

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Fungsi Tulang Telapak Tangan
Sumber Gambar: ae01.alicdn.com

Tulang yang dikenal juga dengan nama metacarpal ini tersusun dari beberapa ruas yang terhubung antara pergelangan tangan dengan tulang jari.

Maka secara umum tulang telapak tangan berfungsi sebagai pendukung proses gerakan pada setiap jarinya agar maksimal. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah pembahasan selengkapnya mengenai kegunaan daripada tulang telapak tangan:

  • Membentuk sebuah alat gerak

Tulang telapak tangan berfungsi sebagai alat bantu gerak pada jari-jari tangan. Sementara itu, tulang pergelangan tangan juga memiliki andil dalam membantu menggerakkan jempol dan jari-jari agar dapat bergerak ke samping, depan, dan belakang.

  • Penghubung antara tulang jari dengan tulang pergelangan

Selanjutnya tulang telapak tangan juga berfungsi sebagai penghubung tulang jari (phalanges) dengan tulang pergelangan tangan (carpal).

  • Memberikan bentuk telapak tangan

Tulang telapak tangan juga berguna untuk memberikan bentuk telapak tangan. Hal ini karena tulang telapak tangan turut membentuk kerangka tangan manusia yang berbentuk ruas-ruas dan terdapat cela-cela pada jarinya.

  • Tempat menempelnya otot tangan

Berikutnya adalah tulang telapak tangan berfungsi sebagai tempat menempelnya otot-otot yang terdapat pada telapak tangan. Dengan demikian, telapak tangan dapat menggerakkan dan memegang sesuatu.

Adapun jenis otot yang menempel pada tulang telapak tangan adalah otot lumbricals.

  • Membentuk bentuk buku jari

Maksud dari membentuk buku jari atau knuckles adalah terjadi pada saat tangan dikepalkan sehingga menghasilkan bentuk seperti tonjolan di antara telapak dan jari.

Baca Juga : Tahapan Sintesis Protein

Struktur Anatomi Tulang Telapak Tangan

Fungsi Tulang Telapak Tangan
Sumber Gambar: hisham.id

Setelah mengetahui fungsinya, selanjutnya adalah mengetahui struktur anatomi pada tulang telapak tangan yang mana tulang telapak tangan ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian keras dan lunak.

Bagian Keras (Tulang)

Di bagian keras telapak tangan ini terdiri dari beberapa jenis tulang, seperti tulang carpal, metacarpal, dan tulang phalangs.

Tulang carpal merupakan tulang yang berbentuk bulat dan pendek. Adapun tulang ini berjumlah 8 buah dan bersambungan dengan ujung tulang distal dan tulang radius.

Sementara tulang metacarpal merupakan tulang yang terletak di pergelangan tangan yang mana jumlahnya adalah 5 buah. Terakhir adalah tulang phalangs atau tulang jari-jari yang terletak di sendi peluru di dalamnya.

Bagian Lunak (Otot)

Dalam hal ini, bagian lunak pada telapak tangan yang dimaksud adalah otot. Sebetulnya terdapat banyak macam otot yang menyusun di telapak tangan yang mana memiliki fungsi berbeda-beda.

Namun dari sekian banyak otot yang ada di telapak tangan ini, terdapat salah satu otot intrinsik yang berfungsi memberikan kekuatan pada jari, yaitu pada saat melakukan gerakan motorik halus.

Selain itu, di telapak tangan juga terdapat syaraf-syaraf yang terdiri dari syaraf nervus ulnaris dan juga syaraf nervus medianus. Adapun di telapak tangan juga terdapat beberapa arteri telapak tangan, yaitu arteri radialis dan arteri ulnaris.

Karakteristik Tulang Telapak Tangan

Fungsi Tulang Telapak Tangan
Sumber Gambar: maribelajar.net

Terdapat beberapa karakteristik pada tulang telapak tangan, di antaranya adalah:

  • Terdiri dari banyak artikulasi antar tulang-tulang telapak tangan
  • Terdapat banyak ligament atau jaringan ikat yang menyusun tulang telapak tangan
  • Tulang telapak tangan tersusun dari tulang-tulang kecil
  • Gerakan yang terjadi di telapak tangan dipengaruhi oleh otot-otot lengan
  • Meski terdapat gerakan, namun gerakannya tidak sebanyak pada sendi-sendi lainnya
  • Sering ditemukan tulang-tulang aksesoris yang berupa pecahan tulang yang mengakibatkan sering terjadi kesalahan diagnosa karena dianggap fraktur atau patahan, padahal faktanya bukan.

Nah, itulah pembahasan mengenai fungsi tulang telapak tangan lengkap beserta struktur dan karakteristiknya. Meskipun terbilang sederhana, namun ternyata tulang telapak tangan berperan sangat penting untuk menunjang kehidupan kita bukan?

Tinggalkan komentar