Cara Membaca Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong – Jangka sorong merupakan alat ukur yang memiliki ketelitian tinggi hingga mencapai seperseratus mm yang biasanya digunakan untuk mengukur dimensi bagian dalam benda atau bagian luarnya.

Selain itu, jangka sorong juga digunakan untuk mengukur kedalaman lubang, celah, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun alat ini nyatanya dapat menghasilkan pengukuran yang lebih tepat jika dibandingkan dengan penggaris biasa.

Adapun skala nonius yang terdapat pada jangka sorong ini bervariasi, yaitu mulai dari 0,01, 0,02, 0,05 serta beberapa skala lainnya.

Baca Juga: Perkembangan Demokrasi di Indonesia

Cara Membaca Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Secara umum, alat ukur yang satu ini memiliki beberapa model atau tipe, seperti jangka sorong analog, digital, dan manual.

Namun apakah kita mengetahui tentang bagaimana caranya membaca atau jangka sorong? Jika belum mengetahuinya, maka berikut ini adalah penjabaran mengenai cara membaca jangka sorong:

  • Pada alat pengukur ini terdapat dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius. Nilai dari skala utama adalah cm, sedangkan skala nonius bernilai 1/10.
  • Lihatlah angka nol pada skala nonius. Terdapat garis pada skala utama yang berada tepat di belakang nol pada skala nonius. Garis tersebut adalah nilai ukur skala utamanya.
  • Jika telah mendapatkan nilai ukur skala utamanya, maka kita juga perlu membaca nilai ukur skala nonius. Caranya adalah menentukan garis yang berhimpitan antara skala utama dengan skala nonius. Garis yang berhimpitan ini adalah nilai ukur skala noniusnya.
  • Kemudian jumlahkan hasil nilai ukur skala utama dengan skala noniusnya. Tujuannya adalah agar kita mendapatkan hasil pengukuran panjang benda.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

  • Untuk menggunakan jangka sorong, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuka pengunci rahangnya terlebih dahulu.
  • Setelah itu untuk mengukur panjang suatu benda, kita dapat menggunakan rahang jangka sorong bagian bawah, yaitu dengan cara menaruh benda di antara rahang jangka sorong hingga kedua rahangnya menyentuh benda.
  • Terakhir adalah kunci rahang menggunakan pengunci lalu baca skala yang tertera pada jangka sorong.

Bagian-bagian Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong
Sumber Gambar: www.diedit.com

Jangka sorong terdiri dari beberapa bagian yang mana di tiap bagiannya ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah bagian-bagian yang terdapat pada jangka sorong lengkap beserta fungsinya.

  • Rahang atas pada jangka sorong berfungsi untuk mengukur diameter benda.
  • Rahang bawah berfungsi untuk mengukur kedalaman benda.
  • Skala utama adalah untuk pembacaan nilai ukur.
  • Skala nonius digunakan untuk membaca nilai ukur.
  • Pengunci rahang berfungsi untuk mengunci supaya rahang tidak bergerak.
  • Pada bagian roda penggerak digunakan untuk menggerakkan rahang.

Macam-macam Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong
Sumber Gambar: mechanical-engineering19.blogspot.com

Seperti pada penjelasan di atas bahwa terdapat tiga macam atau jenis jangka sorong, yaitu jangka sorong digital, jangka sorong manual, dan jangka sorong analog.

Jangka Sorong Digital

Sesuai dengan namanya, jenis jangka sorong ini memiliki skala nonius yang ditunjukkan dalam bentuk skala digital.

Hal ini yang menjadikan jangka sorong digital paling mudah digunakan untuk mengetahui hasil pengukuran jika dibandingkan dengan tipe jangka sorong yang lainnya.

Jangka Sorong Manual

Selanjutnya adalah jenis jangka sorong manual. Berhubung jangka sorong ini ini adalah manual, maka jika kita menggunakannya, kita harus mampu mengetahui skala nonius dengan teliti.

Ini karena di dalam menggunakan jangka sorong manual dibutuhkan ketelitian dalam melihat garis yang sejajar pada skala nonius.

Jangka Sorong Analog

Terakhir adalah jangka sorong analog. Pada tipe jangka sorong analog ini sebenarnya sama seperti jangka sorong manual. Bedanya adakah terletak pada bentuk skalanya yang berbentuk jarum atau analog. Maka kita harus mampu membaca secara tepat nilai yang ditunjuk oleh analog tersebut.

Fungsi Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong
Sumber Gambar: www.alihamdan.id

Meskipun terlihat sederhana, namun jangka sorong memiliki beberapa fungsi yang membantu untuk memudahkan pekerjaan manusia. Di antara fungsi dari jangka sorong adalah:

  • Untuk mengukur diameter luar atau outside diameter, panjang, ketebalan, serta lebar dari suatu material menggunakan rahang luar jangka sorong.
  • Sementara untuk mengukur diameter dalam atau inside diameter adalah menggunakan rahang dalam.
  • Berfungsi untuk mengukur kedalaman dengan depth probe.

Baca Juga: Klasifikasi Demokrasi

Kelebihan dan Kekurangan Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong
Sumber Gambar: ae01.alicdn.com

Terdapat kelebihan dan kekurangan jika kita menggunakan jangka sorong untuk mengukur suatu benda.

Kelebihan Jangka Sorong

Jika kita menggunakan jangka sorong, maka kita akan mendapatkan beberapa keuntungan atau kelebihan, seperti:

  • Jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur ketebalan, inside dan outside diameter dengan lebih teliti jika dibandingkan dengan penggaris biasa.
  • Memiliki tingkat ketelitian yang cukup baik dan tinggi daripada alat pengukur lainnya seperti penggaris atau roll meter.
  • Bisa digunakan untuk mengukur kedalaman lubang dengan lebih teliti.

Kekurangan Jangka Sorong

Walaupun mempunyai kelebihan, namun ternyata jangka sorong juga memiliki kekurangan, yaitu:

  • Permukaan material yang diukur harus sama rata karena jika tidak sama rata maka diperlukan surface preparation guna mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.
  • Ukuran benda yang diukur sangat terbatas dan tidak dapat mengukur ukuran benda yang panjang. Biasanya panjang benda yang akan diukur menggunakan jangka sorong adalah 30 dan 60 cm.
    Namun jika ukuran bendanya lebih panjang dari ukuran tersebut, maka dalam mengukurnya dapat menggunakan Penggaris dan roll meter.

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan dan membaca jangka sorong lengkap beserta bagian, macam, fungsi, kelebihan dan kekurangannya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Tinggalkan komentar