Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Terpanjang di Indonesia – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki bentang alam sangat indah. Sebut saja contohnya adalah pada bentang alam Pulau Jawa yang di mana di dalamnya terdapat puluhan sungai yang tersebar di berbagai daerah.

Selain sungai-sungai yang terdapat di Pulau Jawa, ternyata terdapat ratusan sungai lainnya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Sungai-sungai yang terdapat di Indonesia ini bahkan beberapa di antaranya tergolong ke dalam sungai terpanjang di Indonesia serta masuk sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia.

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Untuk menambah pengetahuan kita mengenai sungai-sungai apa saja yang ada di Indonesia yang terkenal sebagai sungai terpanjang, berikut adalah penjelasan mengenai 7 sungai terpanjang di Indonesia yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sungai Kapuas

Sungai Terpanjang di Indonesia
Sumber Gambar: advancedbiofuelssummit.com

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Jika diukur dari hulu ke hilir, total keseluruhan panjang Sungai Kapuas mencapai 1.143 Km. Hulu Sungai Kapuas ini dimulai dari Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Karimata atau Laut China.

Karena melintasi berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Barat, maka sungai ini banayk dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai jalur transportasi utama.

Bukan hanya itu, beberapa daerah yang dilintasi oleh Sungai Kapuas juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang cukup terkenal.

Hutan yang masih terlindungi dengan baik juga menjadi salah satu faktor Sungai Kapuas masih tetap terjaga kelestariannya.

Namun tidak hanya dimanfaatkan sebagai jalur transportasi saja, dengan masih terjaganya flora dan fauna di sungai ini juga dijadikan sumber mata pencaharian bagi para nelayan yang tinggal di tepian Sungai Kapuas.

2. Sungai Mahakam

Sungai Terpanjang di Indonesia
Sumber Gambar: picture.triptrus.com

Masih dari Pulau Kalimantan, sungai terpanjang kedua di negara kita ini adalah Sungai Mahakam yang memiliki panjang sekitar 920 Km.

Bedanya adalah kalau Sungai Kapuas terletak di Provinsi Kalimantan Barat, sedangkan Sungai Mahakam terletak di Provinsi Kalimantan Timur yang mana sungai ini bermuara di Selat Makassar.

Beberapa wilayah yang dilintasi oleh sungai ini adalah Kabupaten Kutai Barat bagian hulu sampai Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda berada di bagian hilir Sungai Mahakam.

Sejak dari dulu hingga sekarang sungai ini berperan sangat penting di dalam menunjang kehidupan masyarakat yang dilintasi oleh Sungai Mahakam baik itu dijadikan sebagai transportasi maupun potensi perikanan.

Berbagai binatang air hidup di sungai ini, salah satunya adalah mamalia yang sudah terancam punah, yaitu Pesut Mahakam.

3. Sungai Barito

Sungai Terpanjang di Indonesia
Sumber Gambar: aktual.com

Dengan panjang total sekitar 890 Km dan mengalir dari Provinsi Kalimantan Tengah hingga Provinsi Kalimantan Selatan menjadikan Sungai Barito menjadikan sungai terpanjang ketiga di Nusantara.

Hulu sungai ini berada di Pegunungan Schwaner serta bermuara di Laut Jawa. Di sungai ini terdapat pasar apung tradisional yang mana dalam praktik jual belinya dilakukan di atas perahu.

Selain dijadikan sebagai sarana jual beli, pasar apung ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata. Hal ini terbukti dengan banyaknya wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan juga mancanegara.

Di atas sungai ini juga terdapat Jembatan Barito yang termasuk sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

4. Sungai Batanghari

Sungai Terpanjang di Indonesia
Sumber Gambar: disk.mediaindonesia.com

Pulau Sumatera juga memiliki banyak sungai yang terkenal panjang, salah satunya adalah Sungai Batanghari.

Selain berstatus sebagai salah satu sungai terpanjang di negara kita ini, Sungai Batanghari juga tercatat sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Adapun panjang Sungai Batanghari mencapai 800 Km yang mana sungai ini mengalirkan air dari Gunung Rasan hingga ke Laut China Selatan. Letak sungai ini berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan mengalir sampai ke Jambi.

Namun sayangnya terdapat wilayah yang dilewati oleh Sungai Batanghari yang mana wilayah ini dilakukan kegiatan eksploitasi hutan. Akibatnya berdampak terhadap perubahan arus sungai, pendangkalan atau sendimentasi, serta erosi.

5. Sungai Musi

Sungai Terpanjang di Indonesia
Sumber Gambar: picture.triptrus.com

Masih di Pulau Sumatera, terdapat juga sungai yang masuk ke dalam salah satu sungai terpanjang di Nusantara. Sungai ini terkenal dengan nama Sungai Musi yang memiliki panjang mencapai 750 Km.

Terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Sungai Musi mengalirkan air dari mata air yang terletak di kawasan Kepahiang (Bengkulu) dan bermuara di Selat Bangka.

Selain itu, Sungai Musi juga membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah yang mana di atasnya di bangun Jembatan Ampera untuk menghubungkan dua wilayah tersebut.

Sampai dengan saat ini, Jembatan Ampera terkenal sebagai maskot dari Kota Palembang dan dijadikan sebagai tempat wisata terkenal.

Sejak dari sejarah Kerajaan Sriwijaya sampai dengan sekarang, Sungai Musi telah digunakan sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat di sekitar sungai tersebut.

6. Sungai Mamberamo

Sungai Terpanjang di Indonesia
Sumber Gambar: jubi.co.id

Beralih ke Pulau Papua. Pulau yang terletak di Indonesia bagian timur ini memiliki sungai terpanjang yang bernama Sungai Mamberamo. Sungai Mamberamo memiliki panjang keseluruhan mencapai 670 Km.

Terletak di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, hulu sungai ini berada di Puncak Mandala dan bermuara di Samudera Pasifik.

Kawasan yang dilintasi oleh sungai ini terbilang masih sangat alami sehingga memiliki kekayaan hayati yang juga sangat indah dan beragam. Hal ini yang membuat Sungai Mamberamo dijuluki sebagai “Amazon”-nya Indonesia.

7. Sungai Martapura

Sungai Terpanjang di Indonesia
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Meskipun Sungai Martapura merupakan anak dari Sungai Barito, namun sungai ini menjadi salah satu sungai terpanjang yang ada di Nusantara. Terletak di Kalimantan Selatan, Sungai Martapura memiliki panjang sekitar 600 Km yang bermuara di Sungai Barito.

Masyarakat sekitar juga menyebut sungai ini dengan beberapa sebutan, yaitu Sungai Bandar Kecil atau Sungai Kayutangi.

Pada saat sejarah Kerajaan Kutai masih berdiri, Sungai Martapura dijadikan sebagai jalur perdagangan utama bagi para pedagang yang berasal dari China, sehingga sungai ini pernah dijuluki sebagai Sungai China.

Selain ketujuh sungai tersebut di atas, masih terdapat sungai-sungai lainnya yang termasuk ke dalam sungai terpanjang di Nusantara.

Diantarannya seperti Sungai Bengawan Solo yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mana panjangnya mencapai 548 Km, Sungai Digul di Papua dengan panjang sekitar 525 Km, Sungai Indragiri di Riau dengan panjang mencapai 500 Km dan sungai-sungai lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai sungai terpanjang di Indonesia yang mana sungai-sungai ini masih terjaga kealamiannya namun juga beberapa di antaranya sudah tercemar oleh limbah pabrik dan tindakan-tindakan serakah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan