Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Terpanjang di Dunia – Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas mengenai sungai terpanjang di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai sungai terpanjang yang ada di planet yang kita tinggali ini.

Menentukan sungai terpanjang seantero jagat bukanlah suatu hal yang mudah. Adapun kesulitan terbesarnya ini terdapat dalam menentukan dimana  sungai tersebut dimulai (hulu sungai).

Pada umumnya, hulu sungai berlokasi di daerah yang sulit untuk dicapai, seperti misalnya di pegunungan atau daerah terpencil serta melewati hutan lebat sehingga tidak terlihat dengan jelas dari udara (satelit).

10 Sungai Terpanjang di Dunia

Tepatnya pada tahun 2007, sempat terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ahli mengenai sungai mana yang mencatatkan rekor sebagai sungai terpanjang di bumi. Apakah Sungai Nil atau Sungai Amazon.

Nah, untuk lebih jelasnya, marilah kita bahas bersama-sama mengenai sungai-sungai terpanjang yang ada di dunia.

1. Sungai Nil (6.650 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: diksinews.co.id

Setelah terjadi perdebatan yang panjang, akhirnya sungai terpanjang di bumi adalah Sungai Nil yang terletak di Afrika Timur yang memiliki panjang mencapai 6.650 Km atau 4.160 mil.

Sungai yang memiliki pembuangan air seluas lebih dari 3 juta Km ini mengalir melewati Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania.

Adapun Sungai Nil bahkan melewati 11 negara di Afrika. Negara-negara yang dilewati oleh sungai ini adalah Tanzania, Rwanda, Uganda, Kongo, Kenya, Burundi, Eritrea, Ethiopia, Sudan, Sudan Selatan, dan Mesir.

Sungai Nil terbentuk dari dua anak sungai utama, yaitu Sungai Nil Putih dan Sungai Nil Biru. Hulu Sungai Nil Putih berada di Danau Victoria, sedangkan hulu Sungai Nil Biru berasal dari Danau Tana di Ethiopia.

Hingga pada akhirnya kedua anak sungai ini bertemu menjadi satu di Kota Khartoum (Ibu Kota Sudan).

2. Sungai Amazon (6.400 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: www.minews.id

Seperti halnya Sungai Nil, Sungai Amazon juga terkenal sebagai salah satu sungai terpanjang di bumi dan menduduki peringkat kedua terpanjang setelah Sungai Nil. Hal ini karena Sungai Amazon memiliki panjang mencapai 6.400 Km atau 4.049 mil.

Letak daripada sungai ini berada di Amerika Selatan dan mengalir di beberapa negara, seperti Brazil, Peru, Bolivia, Ekuador, dan Kolombia. Hulu sungai ini berada di Danau Mantaro dan hilir sungainya terletak di Samudera Atlantik.

Meski berstatus sebagai sungai terpanjang kedua, namun Sungai Amazon merupakan sungai terbesar berdasarkan volume airnya yang mencapai 184.000 m³ per detik.

Bukan hanya itu, Sungai Amazon juga menjadi habitat flora dan fauna serta menjadi tempat tinggal bagi suku-suku pedalaman seperti misalnya suku Amazon.

3. Sungai Yangtze (6.300 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Selanjutnya adalah Sungai Yangtze yang merupakan sungai terpanjang ketiga di bumi setelah Sungai Nil dan Sungai Amazon.

Meskipun hanya berstatus sebagai sungai terpanjang ketiga, namun Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang di Asia. Bahkan saking panjangnya, lembah sungai ini menampung sepertiga penduduk China.

Berlokasi di Negeri Tirai Bambu (China), hulu Sungai Yangtze berada di Gletser di Dataran Tinggi Qinhai serta bermuara di Laut China Timur.

4. Sungai Mississippi (6.275 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: rickysetiawan96.blogspot.com

Hulu Sungai Mississippi berada di Danau Itasca hingga kemudian berakhir di Teluk Meksiko. Terletak di Amerika Serikat, sungai ini melewati sedikitnya 31 negara bagian di Amerika Serikat serta dua provinsi di Kanada.

Berbagai flora dan fauna tinggal di sungai ini menjadikan Sungai Mississippi sebagai salah satu wisata alam yang indah. Sehingga jika kita berkunjung ke Amerika Serikat, maka kita perlu mengarungi sungai yang mana sungai ini melintasi hutan, perkebunan dan ladang.

5. Sungai Yenisei (5.539 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: cdni.rbth.com

Terletak di Benua Asia, Sungai Yenisei merupakan sungai terpanjang kelima di bumi serta merupakan bagian dari Sungai Yellow.

Hulu sungai ini berada di Mongolia dan bermuara di Laut Kara, teluk Yensei, Samudera Arktik. Sungai Yenisei memiliki saluran pembuangan seluas 2,5 juta Km persegi.

Walaupun berlokasi di Asia, namun sebagian sungai ini juga berada di Rusia serta melewati beberapa wilayah di Mongolia seperti Krai Krasnoyarsk, Tuva, Oblast Irkutsk, Khakassia, Buryatia, dan Krai Zabaykalsky.

6. Sungai Yellow (5.464 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: www.thoughtco.com

Disebut dengan nama Sungai Yellow karena diambil berdasarkan kandungan lumpur di dalamnya yang berwarna kuning.

Meskipun memiliki warna kuning, namun lumpur yang terdapat di sungai ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tumbuhan sehingga mendukung setengah produksi dari tanaman kapas dan juga gandum.

Sementara itu, hulu Sungai Yellow berada di Pegunungan Kunlun di Provinsi Qinghai serta bermuara di Laut Bohai China.

7. Sungai Ob (5.410 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Selain Sungai Yellow, terdapat sungai terpanjang di bumi lainnya yang terletak di Benua Asia, yaitu Sungai Ob. Sungai Ob memiliki saluran pembuangan air hampir seluas 3 juta Km persegi dan merupakan bagian dari Sungai Siberian.

Bermuara di persimpangan Sungai Biya dan Katun, Sungai Ob melintasi Siberia hingga ke Teluk Ob.

8. Sungai Rio de la Plata (4.876 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: thegorbalsla.com

Setelah Sungai Ob yang berada di Asia, sungai yang berhasil masuk ke jajaran sungai terpanjang di bumi selanjutnya adalah Sungai Rio de la Plata.

Hulu sungai ini berada di Uruguay dan Panama. Sementara itu, sungai ini juga memiliki peran yang sangat penting bagi negara di Amerika Latin seperti Argentina, Brazil, dan juga Paraguay. Hal ini karena sungai ini merupakan sumber air utama di negara-negara tersebut.

9. Sungai Congo (4.700 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Sungai Congo atau dikenal juga dengan nama Sungai Zaire merupakan sungai terpanjang kedua di Benua Afrika dan merupakan sungai dengan volume air terbesar kedua di dunia setelah Sungai Amazon.

Meskipun hanya menduduki peringkat ke-9 sebagai sungai terpanjang di bumi, namun faktanya Sungai Congo merupakan sungai terdalam di dunia. Hal ini karena Sungai Congo memiliki kedalaman hingga mencapai 220 m.

Selain itu, Sungai Congo juga menjadi urat nadi perekonomian utama di negara-negara Afrika Tengah. Ini karena Sungai Congo memiliki arus air yang tenang sehingga dapat dilalui oleh kapal.

10. Sungai Amur (4.444 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Dunia
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Sungai Amur terdiri dari 3 sungai utama, yaitu Sungai Amur, Sungai Argun/Ergune, dan Sungai Kherlen. Mengalir di daerah Rusia, sungai ini juga mengalir di China bagian utara sehingga Sungai Amur kerap kali disebut dengan Sungai Heilong Jiang.

Sungai Amur adalah simbol dan faktor geopolitik yang penting di dalam hubungan antara Rusia dan China.

Selain ke sepuluh sungai tersebut, tentunya masih terdapat puluhan bahkan ratusan sungai lainnya di dunia yang termasuk ke dalam sungai terpanjang. Salah satunya adalah di negara kita ini, yaitu Sungai Kapuas yang memiliki panjang lebih dari 1.000 Km.

Demikianlah penjelasan mengenai sungai terpanjang di dunia yang berhasil dirangkum dari sumber-sumber terpercaya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan