Palung Mariana

Palung Mariana

Sudah bukan rahasia lagi jika tempat terdalam di bumi adalah Palung Mariana. Tempat ini juga di kenal dengan nama Mariana trench yang merupakan sebuah jurang yang berada di dasar laut, tepatnya berada di timur pulau Mariana di bagian barat Samudra Pasifik di dekat Pulau Guam.

Palung ini membentang sepanjang 2550 km dengan lebar sekitar 63 km serta berkedalaman mencapai 11 km!

Begitu luar biasa bukan kedalamannya? Selain sangat dalam, palung ini juga menyimpan banyak misteri yang jarang diketahui oleh manusia lho! Kamu penasaran fakta mencengangkan apa saja yang terdapat di Mariana trench ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Danau Terdalam di Dunia

Fakta Mencengangkan Tentang Palung Mariana, Tempat Terdalam di Bumi

Terdapat beberapa fakta-fakta mencengangkan yang ada di Mariana trench. Diantaranya adalah:

Terbentuk Sejak 180 Juta Tahun yang Lalu

Palung Mariana
Sumber Gambar: d.newsweek.com

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, Mariana trench terbentuk sejak 180 juta tahun yang lalu yang diakibatkan oleh tubrukan antara dua lempeng, yaitu lempeng tektonik Pasifik dan lempeng Filipina.

Dampak yang diakibatkan dari tubrukan ini yaitu menyebabkan lapisan jatuh ke dalam lapisan mantel bumi. Adapun kedalaman daripada Mariana trench sendiri yang sudah terdeteksi adalah 11 km.

Namun beberapa orang juga menganggap bahwa masih terdapat area lainnya yang memiliki kedalaman lebih dari 11 km yang belum bisa terjangkau oleh manusia maupun teknologi.

Karena palung ini menjadi tempat terdalam di bumi, maka cahaya matahari sudah tidak dapat menembusnya. Hal ini yang menjadikan suhu di Mariana trench berada di atas titik beku.

Dengan tidak adanya cahaya matahari yang tembus ke tempat ini juga menjadikan Mariana trench dihuni oleh beberapa spesies binatang-binatang aneh.

Penemu Palung Mariana

Palung Mariana
Sumber Gambar: media.npr.org

Mariana trench pertama kali diteliti dan ditemukan oleh Kapal Angkatan Laut Britania HMS Challenger, yaitu pada tahun 1875. Namun setelah ekspedisi pertama, palung ini kembali diteliti oleh HMS Challenger II di tahun 1951.

Adapun pengukuran kedalaman laut di Mariana trench dilakukan dengan menggunakan gema suara yang mana penyuaraannya dilakukan berkali-kali menggunakan earphone untuk mendengar sinyal yang kembali yaitu ketika stylus melewati skala kedalaman graduated.

Sedangkan untuk pengukuran waktu kecepatan mesin gema-suara adalah menggunakan alat yang disebut stopwatch.

Manusia yang Berhasil Mencapai ke Dasar Palung Mariana

Palung Mariana
Sumber Gambar: media.npr.org

Tahukah kamu, ternyata ada juga lho orang yang berhasil menaklukkan tempat terdalam di bumi ini! Tepatnya pada tanggal 23 Januari 1960, terdapat dua orang yang berhasil masuk ke Mariana trench hingga ke kedalaman 10.911 meter.

Dua orang ini menggunakan bantuan kapal selam mini yang bernama Trieste. Nah, kedua orang ini adalah Don Walsh dan Jaques Piccard.

Selang 52 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 25 Maret 2012, Sutradara terkenal James Cameron juga berhasil menembus palung ini dengan menggunakan kapal torpedo mini, The Deepsea Challenger.

Memiliki Tekanan yang Sangat Tinggi

Seperti yang diketahui, semakin dalam lautan maka semakin kuat pula tekanannya. Dengan kedalaman yang mencapai 11 km membuat Mariana trench memiliki tekanan 8 ton per inchi persegi.

Jika diibaratkan, tekanan ini sama seperti halnya 50 unit pesawat jet atau 1.600 ekor gajah dewasa yang ditumpukkan di atas tubuhmu!

Mariana Trench Lebih Tinggi dari Everest

Mariana trench merupakan salah satu objek yang paling sering dijadikan penelitian oleh para ahli. Para ilmuan kerap kali membandingkan Marian trench dengan puncak tertinggi di bumi, yaitu Puncak Everest.

Jika Gunung Everest diposisikan terbalik, maka Mariana trench masih lebih dalam dari Everest.

Baca Juga: Danau Terdalam di Indonesia

Binatang Laut yang Hidup di Mariana Trench

Karena memiliki kedalaman yang luar biasa, maka binatang yang menghuni palung ini pun bukanlah binatang laut pada umumnya, seperti misalnya ikan seadevil, hiu megalodon dan beberapa spesies lainnya.

Ikan Seadevil

Palung Mariana
Sumber Gambar: blogunik.com

Ya, ikan seadevil adalah hewan/binatang unik pertama yang terdeteksi masuk ke dalam Mariana trench.

Jenis ikan ini memiliki bentuk fisik yang menyeramkan dimana ciri-cirinya adalah memiliki semacam lampu penerangan di atas kepalanya. Lampu penerangan ini bertujuan untuk menarik mangsa agar mendekatinya.

Adanya semacam lampu ini menjadikan kelebihan yang hanya dimiliki oleh ikan seadevil sehingga meski berada di tempat gelap gulita, ia akan tetap dapat bertahan dengan bantuan penerangan yang dimilikinya itu.

Hiu Megalodon

Palung Mariana
Sumber Gambar: www.goodnewsfromindonesia.id

Tahukah kamu apa itu hiu megalodon? Hiu megalodon merupakan sejenis ikan hiu namun memiliki tubuh yang sangat besar. Saking besarnya bahkan beratnya dapat mencapai ratusan ton dengan panjang mencapai puluhan meter.

Meski sudah dinyatakan punah, namun beberapa orang percaya bahwa hiu megalodon masih dapat ditemukan di laut terdalam di bumi ini.

Namun hal ini masih harus memerlukan penelitian yang lebih akurat lagi mengingat palung ini merupakan salah satu tempat paling berbahaya di bumi.

Beberapa binatang laut aneh lainnya yang hidup di palung ini adalah amoeba raksasa (xenophyophores), teripang kerdil (holothurian), udang tak bercangkang (amphipoda), spesies ikan transparan (Pseudoliparis swirei), dan ubur-ubur kecil yang mana kepalanya dapat bersinar.

Itulah pembahasan mengenai fakta mengejutkan yang terdapat di Palung Mariana, tempat terdalam di bumi yang menyimpan banyak misteri. Beranikah kamu menyelam disana?

Tinggalkan Balasan