Seniman Patung

Seniman Patung

Seniman Patung – Terdapat banyak sekali macam atau jenis seni yang ada di dunia. Dari sekian banyak cabang seni, seni patung merupakan salah satu jenis seni yang dapat dengan mudah di jumpai di berbagai negeri, tanpa terkecuali di Indonesia.

Seni patung sendiri merupakan suatu hasil ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan yaitu dengan membuat bentuk visual melalui media tiga dimensi yang mana salah satu tujuannya adalah sebagai keindahan.

Patung sendiri dapat dengan mudah kita temui bahkan di jalan-jalan yang mana biasanya dibangun sebagai monumen atau pengingat jasa atas peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu.

Baca Juga : Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

10 Tokoh Seniman Patung Indonesia Paling Terkenal

Di negara kita ini terdapat banyak seniman patung yang mana karya-karyanya bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Penasaran, siapa sajakah tokoh seni patung yang dimaksud? Berikut adalah 10 tokoh seni patung paling terkenal di Indonesia.

1. Ali Umar

Ali Umar adalah seorang tokoh seni patung yang lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Seniman yang lahir pada tahun 1976 ini mendapatkan gelar S1 bidang seni (S.Sn.) di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Ia mulai menggeluti dunia seni patung tepatnya pada saat masuk ke Fakultas Seni Rupa dan Desain yang mana ia mengambil jurusan seni patung.

Adapun hampir semua karya-karyanya menginterpretasikan sikap dirinya sendiri yang sangat peka terhadap realitas seksual. Sementara itu, salah satu idealisme dalam karyanya adalah agama.

Menurutnya, agama merupakan aturan-aturan yang wajib dijalankan dalam berkarya. Dalam rentang masa karirnya ini, ia sudah banyak malang melintang dalam dunia seni patung.

Berbagai pameran seni telah dilaluinya, mulai dari pameran solo, grup, hingga ke penghargaan-penghargaan yang membanjiri kiprahnya di dunia seni.

Salah satu penghargaan yang membuatnya semakin terkenal adalah Karya Terbaik dalam acara Kemah Budaya 2000 yang di selenggarakan di Pantai Parangtritis Yogyakarta.

2. I Nyoman Nuarta

Seniman Patung
dolanyok.com

Hampir semua rakyat Indonesia mengenal tokoh seni patung yang satu ini. Ya, inilah I Nyoman Nuarta. I Nyoman Nuarta lahir di Tabanan pada tanggal 14 November 1951.

Beberapa karyanya yang paling terkenal hingga ke mancanegara adalah Garuda Wisnu Kencana (GWK), Monumen Proklamasi Indonesia, dan Monumen Jalesveva Jayamahe.

Tokoh seni yang lahir di Pulau Dewata ini dibesarkan dari keluarga yang berlatar belakang pengusaha. Namun karena ingin mengasah bakatnya di bidang seni, ia kemudian menempuh studi jurusan Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1972.

Semenjak itulah kiprahnya di dunia seni dimulai. Awalnya, I Nyoman Nuarta lebih tertarik pada cabang seni lukis, namun sejak ia mengikuti studi di jurusan seni patung, ia kemudian lebih tertarik dan menyadari bahwa dirinya lebih berbakat di dunia seni patung.

Cerita awal mengenai titik balik kehidupannya adalah pada saat I Nyoman Nuarta mengikuti lomba desain patung proklamator Indonesia.

3. Edhi Sunarso

Seniman Patung
nowjakarta.co.id

Lahir di Salatiga pada tanggal 2 Juli 1932, Edhi Sunarso merupakan tokoh seorang seni yang pada awal kiprahnya di dunia seni juga mengemban tugas sebagai staff mengajar di Akademi Kesenian Surakarta.

Edhi Sunasro juga pernah mengajar sekaligus menjadi ketua jurusan seni patung, yaitu di Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia Yogyakarta.

Selanjutnya, ia menjadi tenaga pengajar di Institut Kejuruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Yogyakarta, hingga kemudian ia juga mengajar di Institut Seni Indonesia (ISI).

Seperti halnya I Nyoman Nuarta, Edhi Sunarso juga banyak menciptakan karya seni patung yang cukup terkenal, seperti patung monumen Selamat Datang di Bundaran HI dan Diorama Sejarah Monumen Nasional di Jakarta.

Baca Juga: Contoh Tari Kreasi

4. Kasman KS

Kasman KS adalah salah satu legenda tokoh seni patung di Indonesia yang lahir pada tanggal 19 Desember 1954 dan meninggal pada tanggal 10 November 2009 di Yogyakarta. Beliau merupakan salah satu dari pendiri Asosiasi Pematung Indonesia (API).

Selain itu, Kasman KS juga pernah memimpin komunitas seni sekato, yaitu sebuah kelompok perupa Indonesia yang mana seluruh anggotanya merupakan mahasiswa dan juga alumni dari Institut Seni Yogyakarta yang berasal dari etnis Minangkabau Sumatera Barat.

5. Arlan Kamil

Arlan Kamil adalah seorang seni jebolan dari Fakultas Seni Rupa jurusan seni patung di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Ia sukses menjadi seorang pematung setelah kerja kerasnya bekerja di sebuah pusat kerajinan patung-patung publik di kota Padang, Sumatera Barat.

Keyakinannya di dunia seni patung ini turut mengantarkannya ke Yogyakarta guna menempuh studi hingga menyelesaikannya di tahun 1992.

Karya yang dilahirkannya pun terbilang cukup banyak, di antaranya adalah karya-karya pembuatan patung tokoh KAA di Gedung Asia Afrika Bandung, Relief Bung Hatta di Kali Bata Jakarta, Patung Flora dan Fauna untuk Arab Saudi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Syahrizal Koto

Memiliki nama lengkap Syahrizal Zain Koto, merupakan seorang seniman patung yang berasal dari kota Pariaman, Sumatera Barat yang lahir pada tanggal 6 September 1960.

Syahrizal Koto mengenyam pendidikan terakhir di Fakultas Seni Rupa jurusan seni patung di ISI Yogyakarta. Di masa hidupnya, ia telah menerima berbagai penghargaan.

Berbagai penghargaan yang pernah ia dapatkan adalah Depdikbud Bidang Kesenian Provinsi Sumatera Barat (1978), Anugerah Sketsa terbaik tingkat SLTA dan Perguruan Tinggi Sumatera Barat (1979), Karya terbaik Dies Natalis ISI (1990).

Syahrizal juga meraih penghargaan di Anugerah ke II kategori karya non abstrak lomba rancang patung Citra Raya Kota Nuansa Seni (1996) dan Anugerah Tiga Karya Nasional Sayembara Landmark Ancol (2001).

7. Dolorosa Sinaga

Pada awalnya Dolorosa Sinaga tidak memiliki cita-cita sebagai pematung atau seniman. Akan tetapi, berawal dari menempuh pendidikan di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), ia kemudian mulai serius serta memberikan perhatian penuh terhadap karya seni patung.

Setelah Dolorosa selesai sekolah di IKJ, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan seninya di St. Martins School of Art London, Inggris. Kemudian ia melanjutkan belajarnya di Karnarija Lubliyana, Yugoslavia hingga kemudian melanjutkan di Piero’s Art Foundry Berkeley, Amerika Serikat.

Karya-karyanya pun saat ini sudah tersebar di beberapa negara, salah satunya adalah di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca Juga: Fungsi Seni Kriya

8. Herry Maizul

Seniman Patung
s.abcnews.com

Seniman yang lahir pada tahun 1963 dan berasal dari Padang Panjang Sumatera Barat ini adalah pematung senior dan juga pemimpin kelompok Khatulistiwa di Yogyakarta.

Nah, apakah kita mengetahui patung Ronald McDonald’s Indonesia? Jika mengetahuinya, maka Herry Maizul lah yang membuat patung tersebut atas dasar pesanan dari pihak McDonlad’s Indonesia! Luar biasa bukan?

Saat ini patung karyanya telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke kawasan Asia Pasifik.

9. Arby Samah Datuak Majo Indo

Tokoh seniman patung asal Indonesia selanjutnya adalah H. Arby Samah Datuak Majo Indo. Arby Samah lahir di Pandai Sikek, Tanah Datar, Sumatera Barat pada tanggal 1 April 1933.

Mengenai karya patung yang ia ciptakan adalah beraliran abstrak. Pematung asal Sumatera Barat ini juga tercatat sebagai pematung pertama di Indonesia. Legenda patung Indonesia ini memperoleh pendidikan seni di Akademi Seni Rupa Indonesia Yogyakarta (ASRI) di tahun 1953.

Selain terkenal sebagai seorang seniman yang hebat, Arby Samah juga bergabung dan juga berjuang yaitu dengan angkat senjata tepatnya pada masa agresi militer Belanda II.

Ia berjuang bersama anggota INS Kayutaman lainnya. Setelahnya, ia kemudian bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Solok Selatan.

10. Yusman

Seniman Patung
macropocket.blogspot.com

Yusman adalah pematung terkenal yang lahir di Padang, 12 November 1964. Beliau berpendapat bahwa sejarah tidak hanya hadir dalam bentuk teks atau buku saja, namun juga dapat di hadirkan melalui seni patung.

Ia juga menambahkan bahwa seni patung dapat merekonstruksi peristiwa/sejarah yang pernah terjadi di masa lalu. Maka tak heran jika sebagian besar karya ciptaannya berbentuk monumen sejarah atau patung tokoh pahlawan.

Banyak karya-karyanya yang sangat terkenal di Indonesia, beberapa di antaranya adalah Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat, Monumen Sultan Agung Tirtayasa, Monumen Museum Lubang Buaya, Monumen Dwikora dan Trikora di Mabes TNI, Monumen Kostrad Jakarta, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 tokoh seniman patung di Indonesia paling terkenal. Selain terkenal di Indonesia, seni patung yang mereka buat bahkan juga terkenal sampai ke mancanegara hingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan