Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Tertinggi di Indonesia – Berstatus sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang tiada duanya ini membuat Indonesia menjadi negara yang banyak menyuguhkan pesona alam yang begitu indah.

Selain memiliki sungai yang termasuk ke dalam deretan sungai terpanjang di dunia, Indonesia juga dapat dikatakan sebagai negara banyak memiliki air terjun yang mana air terjun-air terjun ini memiliki ketinggian yang mencapai ratusan meter.

Karena menyuguhkan pemandangan yang indah, maka air terjun-air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan mancanegara.

7 Air Terjun Tertinggi di Indonesia Lengkap Beserta Lokasinya

Salah satu daya tarik wisatawan ingin mendatangi sebuah air terjun adalah karena ketinggiannya yang di atas rata-rata. Lantas air terjun manakah yang tertinggi di negara kita ini? Berikut adalah penjelasan mengenai 7 air terjun tertinggi di Indonesia.

1. Air Terjun Ponot (250 meter)

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Sumber Gambar: wartawisata.id

Air terjun yang berstatus sebagai air terjun tertinggi di tanah air kita adalah Air Terjun Ponot yang terletak di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado yang masuk ke Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Selain memiliki ukuran yang tinggi, air terjun ini juga memiliki debit air yang sangat deras. Air terjun ini merupakan bagian dari Sungai Asahan yang mana di sekeliling Air Terjun Ponot ini memiliki panorama hijau sehingga sangat memanjakan mata.

Bukan hanya itu saja, Air Terjun Ponot menjadi semakin indah karena di samping kanan dan kirinya terdapat batuan-batuan besar sehingga dapat dimanfaatkan sebagai spot foto.

2. Air Terjun Madakaripura (200 meter)

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Sumber Gambar: www.wartabromo.com

Pada bentang alam Pulau Jawa juga terdapat air terjun yang termasuk sebagai salah satu air terjun tertinggi di Nusantara.

Ya, air terjun ini terkenal dengan nama Air Terjun Madakaripura yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Disamping memiliki ketinggian yang mencapai 20 meter, air terjun ini juga terkenal karena keindahannya bahkan hingga ke mancanegara.

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Air Terjun Madakaripura memiliki keunikan yang mana keunikan ini terdapat pada letaknya yang berada di ujung lembah yang sempit berbentuk ceruk serta dikelilingi oleh tebing yang curam.

Masyarakat sekitar juga menyebut air terjun ini sebagai air terjun abadi. Hal ini karena debit airnya yang selalu melimpah meskipun terjadi kemarau panjang.

Jika kita akan berwisata ke air terjun ini, maka kita akan disuguhkan pemandangan yang asri dan sejuk karena letak daripada air terjun ini terdapat di hutan Gunung Bromo.

3. Air Terjun Nokan Nayan (180 meter)

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Sumber Gambar: traveltodayindonesia.com

Terletak di pedalaman hutan Kalimantan Barat, Air Terjun Nokan Nayan berada di posisi ketiga sebagai air terjun tertinggi di negeri kita ini.

Hal yang menarik dari air terjun ini adalah karena persis di sampingnya terdapat air terjun lainnya yang diberi nama Air Terjun Jongonoi.

Adapun kedua air terjun ini jatuh pada lembah yang sama sehingga membuat debit air yang jatuh menjadi sangat besar yang pada akhirnya memunculkan kabut tebal yang membumbung tinggi.

Namun dibalik keindahannya itu, terdapat mitos yang cukup menyeramkan. Masyarakat sekitar percaya bahwa Air Terjun Nokan Nayan merupakan kompleks perkampungan gaib. Sehingga beberapa orang melakukan ritual gaib di sekitar air terjun untuk tujuan-tujuan tertentu.

4. Air Terjun Lembah Harau (150 meter)

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Sumber Gambar: hurricane193.files.wordpress.com

Air Terjun Lembah Harau merupakan sebuah air terjun yang terletak di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Pemerintah setempat telah menetapkan air terjun ini sebagai tempat wisata alam unggulan.

Ini karena Air Terjun Lembah Harau memiliki pemandangan yang indah serta airnya mengalir di atas jurang yang membentang sepanjang Lembah Harau yang tinggi.

Selain menikmati pemandangan yang indah, jika kita berwisata ke air terjun ini maka kita juga dapat menjajal wahana-wahana yang telah disediakan.

Beberapa wahana yang terdapat di wisata air terjun ini adalah kolam renang, panjat tebing, dan bahkan disediakan tempat penginapan sehingga bagi kita yang berasal dari luar kota untuk tidak usah khawatir mencari penginapan.

5. Air Terjun Batang Kapas (133 meter)

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Sumber Gambar: pariwisata.riau.go.id

Memiliki ketinggian mencapai 133 meter, Air Terjun Batang Kapas bertengger di posisi kelima sebagai air terjun tertinggi di tanah air. Berada di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, air terjun ini terbilang unik karena jatuh langsung di tebing yang curam.

Namun untuk mencapai air terjun ini membutuhkan usaha yang lebih mengingat medan yang sulit ditempuh dan juga jarak yang cukup panjang.

6. Air Terjun Sipiso-Piso (120 meter)

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Sumber Gambar: www.pengawal.id

Di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara juga terdapat air terjun yang sangat terkenal, yaitu Air Terjun Sipiso-Piso.

Adapun nama daripada air terjun ini diambil dari nama gunung yang berada di timur laut Air Terjun Sipiso-Piso.

Selain berstatus sebagai salah satu air terjun tertinggi di Nusantara, air terjun ini juga berada di sekitar bibir Danau Toba serta menjatuhkan debit air yang sangat deras.

Bahkan saking derasnya air yang mengalir ini membuat air yang jatuh membentuk garis vertikal yang sempurna yang membuat Air Terjun Sipiso-Piso masuk ke dalam air terjun tipe Plunge.

7. Air Terjun Tumpak Sewu (110-120 meter)

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Sumber Gambar: img.jakpost.net

Terjadi perdebatan di kalangan para ahli yang menjelaskan mengenai ketinggian daripada Air Terjun Tumpak Sewu. Ada yang menyebut 100 meter, 120 meter, dan bahkan ada yang menyebut ketinggiannya mencapai 180 meter.

Namun kebanyakan para ahli berpendapat bahwa air terjun Tumpak Sewu memiliki ketinggian antara 110-120 meter.

Terkenal juga dengan nama Coban Sewu, air terjun yang terletak di antara perbatasan Malang dan Lumajang, Jawa Timur ini memiliki bentuk yang unik dan jarang ditemui di daerah lain di Indonesia.

Hal ini karena Coban Sewu memiliki bentuk yang mirip dengan Air Terjun Niagara sehingga beberapa orang menyebut air terjun ini sebagai “Niagara-nya” Indonesia.

Selain ketujuh air terjun tersebut, tentunya masih terdapat banyak air terjun lainnya yang juga memiliki ketinggian di atas rata-rata.

Diantaranya adalah Air Terjun Kabut Pelangi, Air Terjun Penimbungan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bukan hanya terkenal karena ketinggiannya, beberapa air terjun tersebut juga menyuguhkan pemandangan yang indah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai wisata alam yang dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

Itulah pembahasan mengenai air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak air terjun yang telah kita bahas ini, manakah yang menjadi favorit dan akan dijadikan sebagai destinasi wisatamu? Tulis jawabannya di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan