Contoh Simbiosis Mutualisme

Contoh Simbiosis Mutualisme – Secara umum, simbiosis mutualisme merupakan suatu interaksi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa simbiosis ini di antara kedua makhluk hidup yang terlibat sama-sama memperoleh keuntungan dan tidak ada yang di rugikan.

Seperti misalnya dalam interaksi service-resource pada penyerbukan, pembersihan dan juga penyebaran benih. Selain itu ada juga interaksi service-service yang mana kedua interaksinya saling memberikan kontribusi, namun jenis ini termasuk cukup langka dan sangat jarang ditemui.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh simbiosis mutualisme yang dapat ditemukan di sekitar kita.

  • Bunga dengan Lebah

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: pembelajar.net

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika antara bunga dengan lebah merupakan salah satu contoh simbiosis yang saling menguntungkan. Dalam hal ini, lebah akan menghisap madu dan juga nektar yang ada di kelopak bunga yang membantunya dalam proses penyerbukan bunga tersebut.

Adapun keuntungan yang didapatkan oleh lebah adalah mendapatkan makanan berupa nektar dan madu. Sedangkan bunga juga mendapatkan keuntungan dalam penyerbukannya karena terbantu oleh lebah.

  • Bunga dengan Kumbang

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: princessislam.blogspot.com

Selain lebah, hubungan saling menguntungkan juga terjadi pada interaksi antara bunga dengan kumbang. Contohnya pun sama seperti halnya hubungan interaksi antara lebah dan bunga.

Kumbang akan mendapatkan makanan yang berupa madu dan nektar, sedangkan bunga mendapatkan keuntungan karena terbantu di dalam proses penyerbukan.

  • Bunga dengan Kupu-kupu

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: sahabatnesia.com

Nah, hubungan antara kupu-kupu dengan bunga merupakan contoh paling terkenal dalam suatu interaksi yang saling menguntungkan.

Kupu-kupu akan mendapatkan keuntungan dari menghisap madu dan nektar yang terdapat di dalam sari kelopak bunga untuk dijadikan sebagai makanan. Proses ini juga sangat berguna bagi bunga itu sendiri karena terbantu dalam proses penyerbukan.

  • Burung Jalak dengan Kerbau

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: www.terketik.com

Sebagai salah satu jenis burung kicau yang dapat menirukan suara burung lainnya, ternyata burung jalak juga berperan dalam proses interaksi yang saling menguntungkan loh!

Ya, hubungan saling menguntungkan ini terjadi antara burung jalak dengan kerbau. Jika terdapat sekumpulan kerbau yang sedang mencari makan di alam liar, biasanya burung jalak akan hinggap di punggung kerbau tersebut.

Tujuannya adalah untuk mencari makanan yang terdapat pada tubuh kerbau, yaitu kutu yang menempel di kulitnya. Nah, kerbau juga akan sangat terbantu dengan si jalak yang memakan kutu di kulitnya ini.

Keuntungannya adalah kerbau tidak lagi merasa gatal karena kutu-kutunya dimakan oleh burung jalak, sedangkan burung jalak mendapatkan keuntungan karena memperoleh makanan yaitu kutu.

  • Kacang-kacangan dengan Bakteri Rhizobium

Hubungan antara tumbuhan kacang-kacangan dengan bakteri rhizobium juga menjadi salah satu contoh interaksi yang saling menguntungkan.

Seperti yang telah diketahui, tanaman kacang-kacangan memerlukan tanah yang mengandung cukup nitrogen untuk membantu pertumbuhannya. Bakteri rhizobium yang terdapat di dalam tanah ini sangat membantu tanaman tersebut untuk memperoleh nitrogen.

Keuntungan yang didapatkan dari kedua hubungan ini adalah kacang-kacangan akan memperoleh nitrogen dari bakteri rhizobium.

Sementara untuk bakteri rhizobium sendiri mendapatkan keuntungan karena dapat memperoleh makanan dari akar tanaman kacang-kacangan.

  • Lalat dengan Bunga Raflesia

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: www.aftanalisis.com

Bunga raflesia merupakan salah satu bunga terbesar di dunia yang terdapat di pulau Sumatra yang terkenal karena ukurannya yang jumbo dan keindahannya. Namun selain memiliki bentuk yang sangat indah, bunga raflesia juga mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat.

Akan tetapi bau busuk inilah yang menjadi faktor terjadinya interaksi saling menguntungkan, yaitu terjadi antara bunga raflesia dengan lalat.

Bau bangkai yang dikeluarkan oleh bunga raflesia ini mengundang lalat untuk hinggap di bunga tersebut untuk mencari makanan. Sedangkan keuntungan dari bunga raflesia adalah menjadi terbantu di dalam proses penyerbukan.

  • Jamur dengan Tanaman Alga

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: yukeducate.com

Hubungan yang terjadi antara jamur dengan tanaman alga juga menjadi salah satu contoh simbiosis yang saling menguntungkan. Jamur akan membuat lingkungan di sekitarnya menjadi lembap.

Tujuannya adalah agar tanaman alga dapat tumbuh sehingga bisa melakukan proses fotosintesis yang pada akhirnya jamur akan mendapatkan bagian dari hasil fotosintesis.

Keuntungan didapatkan oleh tanaman alga tidak lain adalah dapat melakukan proses fotosintesis dengan baik, sedangkan jamur akan memperoleh keuntungan yaitu mendapatkan makanan dari hasil fotosintesis.

  • Manusia dengan Tumbuhan

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: gim-bi.com

Hubungan saling menguntungkan ini terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari namun tanpa kita sadari!

Ya, hubungan ini terjadi antara manusia dengan tumbuhan yang sama-sama saling membutuhkan. Dalam hal ini adalah oksigen yang dihirup oleh manusia akan menghasilkan karbondioksida.

Sementara bagi tumbuhan akan menyerap karbondioksida untuk membantu fotosintesis. Nah, karbondioksida yang telah melalui proses fotosintesis ini nantinya akan kembali menghasilkan oksigen yang mana oksigen ini sangat bermanfaat dalam kelangsungan hidup manusia.

  • Manusia dengan Bakteri Pencernaan

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: trainingcenter.events

Ternyata ada juga loh simbiosis mutualisme yang terjadi di dalam tubuh manusia. Simbiosis ini terjadi antara manusia dengan bakteri yang terdapat di sistem pencernaan usus halus.

Namun bakteri yang dimaksud adalah bakteri baik, yaitu bakteri escherichia ecoli yang membantu mempercepat proses pembusukan sisa-sisa makanan di dalam usus sehingga akan menghambat pertubuhan bakteri jahat.

Dengan interaksi ini, manusia mendapat keuntungan yaitu mempercepat pembusukan makanan sehingga bakteri jahat berkurang. Sementara bagi bakteri baik yang ada di usus halus memperoleh keuntungan yaitu mendapatkan makanan di dalam usus manusia.

  • Petani dengan Burung Hantu

Contoh Simbiosis Mutualisme
Sumber Gambar: www.99.co

Burung hantu merupakan salah satu jenis burung yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, khususnya yang berprofesi sebagai petani. Hal ini karena burung hantu akan memangsa tikus yang ada di sawah.

Keuntungan bagi burung hantu adalah mendapatkan makanan secara cuma-cuma, sedangkan bagi petani mendapatkan keuntungan yaitu hama tikus menjadi terkendali.

Beberapa contoh simbiosis saling menguntungkan lainnya yang dapat ditemukan di sekitar kita adalah hubungan antara petani dengan ular, semut rangrang dengan tumbuhan, ikan badut dengan anemon laut, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai contoh simbiosis mutualisme yang terjadi di sekitar kita. Sampai jumpa di pembahasan-pembahasan menarik lainnya ya!

Leave a Reply