Contoh Simbiosis Parasitisme

Contoh Simbiosis Parasitisme – Jika pada contoh simbiosis mutualisme merupakan suatu hubungan interaksi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan, maka berbanding terbaling dengan simbiosis yang satu ini.

Ya, inilah simbiosis parasitisme. Secara umum, pengertian simbiosis parasitisme adalah suatu interaksi yang melibatkan antara dua makhluk hidup yang hanya menguntungkan di salah satu pihak organisme saja, sedangkan organisme lainnya malah justru dirugikan.

Pada umumnya simbiosis parasitisme melibatkan organisme parasit seperti misalnya caing, bakteri, kutu, dan lain sebagainya.

Contoh Simbiosis Parasitisme yang Terjadi di Sekitar Kita

Sementara itu, dalam contoh simbiosis parasitisme ini bahkan dapat menyebabkan kematian pada organisme yang dirugikan.

Namun ada juga dalam contoh simbiosis ini yang juga tidak sampai menyebabkan organisme yang dirugikan mati. Hal ini karena di dalam proses makan-memakan pada rantai makanan tidak termasuk ke dalam kategori simbiosis parasitisme.

Karena pada umumnya simbiosis parasitisme juga masih membutuhkan makhluk hidup lainnya untuk dapat bertahan hidup.

Untuk lebih mengetahui mengenai simbiosis yang hanya menguntungkan di satu pihak saja, berikut adalah contoh-contoh simbiosis parasitisme yang terjadi di sekitar kita.

Cacing Pita dengan Manusia

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: static.republika.co.id

Contoh pertama pada simbiosis parasit adalah terjadi di dalam tubuh manusia, yaitu interaksi antara manusia dengan cacing pita. Biasanya cacing pita terdapat di sistem pencernaan manusia sehingga sangat merugikan manusia.

Hal ini karena cacing pita akan mengambil sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjadi energi.

Cacing pita sendiri tentu akan mendapat keuntungan karena mengambil makanan dari sari makanan yang di makan oleh manusia.

Sedangkan kerugiannya didapatkan oleh manusia karena meski mengkonsumsi makanan bergizi namun sari makanan yang sejatinya akan digunakan untuk metabolisme karbohidrat untuk selanjutnya dijadikan energi malah dimakan oleh cacing pita.

Cacing Tambang dengan Manusia

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Seperti halnya interaksi antara cacing pita dengan manusia, interaksi antara cacing tambang dengan manusia juga menjadi salah satu contoh simbiosis yang hanya menguntungkan di satu pihak saja.

Cacing tambang yang terdapat di usus ini faktanya merugikan manusia karena ia akan menyerap darah yang terdapat di dalam tubuh.

Keuntungan yang didapatkan oleh cacing tambang tidak lain adalah akan mendapatkan makanan. Sedangkan bagi manusia malah memperoleh kerugian bahkan kerugiannya ini dapat mengakibatkan manusia mengalami anemia atau kurang darah.

Nyamuk dengan Manusia

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: hitexpert.id

Salah satu contoh yang paling sering kita jumpai pada simbiosis yang merugikan di satu pihak adalah interaksi antara nyamuk dengan manusia. Interaksi ini terjadi apabila nyamuk menggigit dan juga menghisap darah manusia.

Bukan hanya menggigit, bahkan beberapa jenis nyamuk selain menghisap darah, ia juga menyebarkan penyakit mematikan, seperti contohnya demam berdarah atau malaria.

Dalam hal ini keuntungan hanya akan didapatkan oleh nyamuk yang mendapatkan darah manusia untuk dijadikan sebagai makanannya sehingga nyamuk dapat berkembang biak.

Sedangkan bagi manusia akan sangat dirugikan karena dapat terserang beberapa jenis penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa.

Kutu dengan Manusia

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: lenabactually.com

Kutu adalah hewan yang berukuran kecil yang biasanya tinggal di rambut kepala manusia. Selain menumpang, kutu juga membuat kepala manusia akan merasa gatal dan tidak nyaman.

Namun bukan hanya menumpang tinggal saja, kutu juga mendapatkan makanan di kepala manusia yaitu dengan cara menghisap darah di kepala. Adapun bagi manusia sendiri tentu akan merasa dirugikan dengan hadirnya kutu.

Maka dengan merawat dan membersihkan rambut setiap hari adalah salah satu hal yang wajib dilakukan sehingga kutu tidak dapat berkembang biak di kepala kita.

Jamur Panu dengan Manusia

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: www.honestdocs.id

Panu yang terdapat pada kulit manusia disebabkan oleh jamur. Interaksi jamur dengan manusia juga menjadi salah satu contoh daripada simbiosis parasit yang sering dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari.

Sama seperti halnya kutu di kepala manusia, jamur panu juga mendapatkan keuntungan yaitu memperoleh tempat tinggal sekaligus mendapatkan makanan.

Sementara itu, kerugian malah didapatkan oleh manusia karena dapat menyebabkan rasa gatal dan juga tidak nyaman bahkan sampai membekas di kulit akibat kutu panu.

Kutu dengan Hewan

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: infobinatang.com

Hewan berukuran kecil ini juga kerap kali ditemukan di tubuh hewan lainnya, khususnya hewan ternak seperti kerbau, kambing, dan sapi.

Jika pada tubuh hewan terdapat kutu, maka ia akan dengan bebasnya menghisap darah dari makhluk hidup yang di tempatinya.

Keuntungannya sendiri didapatkan oleh kutu karena mendapatkan tempat tinggal dan makanan. Sedangkan bagi hewan yang dijadikan tempat tinggal oleh kutu tidak lain akan mengalami kerugian.

Lalat Buah dengan Buah

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: portaljember.pikiran-rakyat.com

Lalat buah adalah jenis lalat yang gemar mengerumuni buah-buahan.

Akan tetapi bukan hanya mengerumuni, lalat buah juga akan bertelur dan juga berkembang biak pada buah yang di kerumuninya sehingga interaksi ini juga dikategorikan sebagai salah satu contoh interaksi yang hanya menguntungkan satu pihak saja.

Untuk keuntungannya sendiri adalah seperti pada penjelasan di atas, yaitu lalat buah akan mendapatkan tempat untuk berkembang biak dan kerugiannya didapatkan oleh buah-buahan karena akan membusuk.

Benalu dengan Tumbuhan Inangya

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: materikimia.com

Contoh simbiosis yang hanya menguntungkan satu pihak saja juga dapat terjadi pada tumbuhan, seperti misalnya interaksi antara benalu dengan tumbuhan inangnya.

Benalu adalah sejenis tanaman parasit yang menumpang tinggal pada inangnya. Maka keuntungannya hanya didapatkan oleh benalu saja, yaitu dengan mengambil mineral dan air dari tumbuhan yang di tumpanginya.

Sedangkan bagi tanaman yang ditumpangi akan diru gikan karena kehilangan mineral dan air yang seharusnya mineral dan air tersebut akan digunakan untuk proses fotosintesis.

Tali Putri dengan Tumbuhan Inangnya

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Seperti halnya benalu dengan tumbuhan inangnya, hubungan antara tali putri dengan tumbuhan inangnya juga menjadi contoh dari interaksi yang merugikan satu pihak.

Tumbuhan tali putri akan menempel pada tanaman inang. Namun bukan hanya menempel, tali putri juga akan mencuri makanan dari tanaman yang di tumpanginya.

Keuntungannya jelas tali putri akan mendapatkan makanan dan tempat tinggal, sementara tumbuhan inangnya malah sangat dirugikan karena makanannya di curi sehingga dapat mengakibatkan tanaman inangnya mati.

Alang-Alang dengan Tanaman Produksinya

Contoh Simbiosis Parasitisme
Sumber Gambar: www.cintajamu.id

Interaksi antara alang-alang dan juga tanaman produksinya juga bagian dari salah satu contoh simbiosis yang menguntungkan satu pihak saja. Alang-alang sendiri merupakan salah satu jenis tanaman gulma untuk budidaya tanaman produksi.

Akan tetapi dengan adanya alang-alang juga dapat menyebabkan kerugian pada tanaman produksinya itu sendiri.

Hal ini karena alang-alang akan mendapatkan keuntungan yaitu memperoleh air, mineral, dan cahaya matahari secara cuma-cuma. Sedangkan bagi tanaman produksinya menjadi dirugikan karena mineral, air, dan makanannya di ambil oleh alang-alang.

Beberapa contoh lainnya daripada simbiosis yang hanya menguntungkan satu pihak saja adalah kelelawar vampir dengan hewan mamalia, hama tikus dengan petani/manusia, lintah dengan organisme hidup lainnya dan masih banyak contoh yang lainnya.

Itulah pembahasan mengenai contoh simbiosis parasitisme yang terjadi di sekitar kita. Mirisnya, beberapa dari contoh simbiosis yang merugikan ini juga terjadi pada manusia. Nah, untuk mengantisipasinya, maka kita harus melakukan pola hidup bersih dan juga sehat!

Tinggalkan komentar